Kesra

Atasi Polemik Reorganisasi LIPI, Menteri PANRB Bentuk Tim Penyelaras

Redaktur: Jakfar Shodik
Atasi Polemik Reorganisasi LIPI, Menteri PANRB Bentuk Tim Penyelaras - Kesra

INDOPOS.CO.ID - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membentuk tim penyelaras untuk menyelesaikan masalah reorganisasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

"Tadi saya panggil Kepala LIPI, dan saya minta membentuk tim penyelaras untuk menyelaraskan seluruh langkah yang akan diambil  LIPI," ujar Menteri PANRB Syafruddin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (18/2/2019).

Tim itu terdiri Kementerian PANRB, Kemenristekdikti, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan LIPI. Untuk membereskan masalah yang tidak seimbang atau tidak patut. "Saya beri waktu satu minggu untuk menyelesaikan permasalahan terkait restrukturisasi. Masalah yang tidak selaras agar diselesaikan,” jelasnya. 

Reorganisasi LIPI bertujuan pembenahan internal untuk menguatkan fungsi penelitian daripada administrasi. Namun, saat pelaksanaanya, terjadi penolakan dari internal LIPI karena kurangnya sosialisasi. "Ini ada miskomunikasi sehingga simpang siur dan mencuat opini tidak baik di masyarakat," kata Syafruddin.

Ia memastikan tidak ada struktur yang hilang sebagai dampak dari reorganisasi tersebut. "Tidak ada penghilangan struktur yang ada hanya pergeseran jabatan. Ini hanya pengalihan fungsi yang tadinya jabatan struktural menjadi jabatan fungsional," ucap mantan Wakapolri itu. 

Kepala LIPI Laksana Tri Handoko mengatakan, reorganisasi itu untuk mengatur ulang tenaga administrasi pendukung. Agar pusat penelitian fokus dalam melakukan penelitian. "Kami akui ada miskomunikasi diinternal dan harus segera kami selesaikan," ucap Tri Handoko. (dan)

 

Berita Terkait

Headline / Buzzer Senjata Makan Tuan

Nasional / Ada Masalah Institusional

Nasional / Ada Fenomena Migrasi Suara

Megapolitan / Gandeng LIPI, Pemkab Bogor Kembangkan Kawasan

Nasional / Telusuri Polemik Reorganisasi LIPI


Baca Juga !.