Nasional

Pemerintah Inisiasi Gerakan Indonesia Bersih untuk Masyarakat Sehat

Redaktur: Ali Rahman
Pemerintah Inisiasi Gerakan Indonesia Bersih untuk Masyarakat Sehat - Nasional

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dalam Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Selasa (19/2/2019). Foto: Kementerian LHK untuk INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Pemerintah akan meluncurkan Gerakan Indonesia Bersih dalam rangka momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019. Hal tersebut dibahas dalam Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Selasa (19/2/2019).

Rapat Koordinasi dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro dan pejabat terkait.

Menteri Luhut mengharapkan agar gerakan ini menjadi gerakan yang masif dan meminta semua pihak terkait agar bekerja keras. Hal tersebut dikarenakan sampah dapat berdampak pada banyak hal seperti kesehatan, lingkungan, pariwisata dan masa depan anak-anak.

Menteri LHK, Siti Nurbaya, menerangkan bahwa gerakan ini rencananya akan diluncurkan bertepatan dengan HPSN 2019 tanggal 21 Februari 2019 pada saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Indonesia Bersih di Gedung Manggala Wanabakti, Kamis (21/2/2019).

Terkait Rakernas Indonesia Bersih, Menteri Siti menjelaskan bahwa maksud dan tujuan dari gerakan ini adalah memastikan langkah-langkah percepatan Gerakan Indonesia Bersih, baik dari kebijakan sektor dan daerah. Tidak kalah penting, melalui Rakernas ini juga diharapkan dapat mendorong pemerintah daerah dalam mewujudkan target-target nasional upaya pencapaian Gerakan Indonesia Bersih.

Rapat Koordinasi dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, dihadiri oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang PS Brodjonegoro dan pejabat terkait. Foto: Kementerian LHK untuk INDOPOS

Menteri Siti melanjutkan, Gerakan Indonesia Bersih dapat diwujudkan melalui peningkatan kerjasama antar sektor dan peningkatan kinerja pemerintah daerah. Selain itu, dilakukan juga sinergi kebijakan sektor dalam upaya-upaya pengelolaan sampah, baik peningkatan sarana dan parasarana maupun mendorong partisipasi publik

Rencananya, Rakernas Indonesia Bersih ini akan diikuti oleh seluruh Gubernur dan Bupati/Wali Kota di Indonesia. Mandat pengelolaan sampah ini akan diberikan langsung oleh Menteri- menteri terkait kepada Kepala Daerah.

"Yang terpenting adalah Gubernur Bupati Walikota menerima langsung kebijakan-kebijakan itu langsung dari menteri-menterinya," ujar Menteri Siti.

Menteri Bambang mengusulkan perluasan kegiatan ini menjadi Gerakan Indonesia Bersih dan Sehat. Menurutnya, kebersihan dan kesehatan saling berkaitan, dengan mengubah perilaku masyarakat menjadi bersih, akan berdampak pada kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Menanggapi usulan Menteri Bambang, baik Menteri Luhut dan Menteri Siti, keduanya menyetujui hal tersebut. Selanjutnya, usulan Gerakan Indonesia Bersih dan Sehat akan diangkat dan disampaikan kepada Kepala Daerah pada Rakernas Indonesia Bersih nanti. (adv)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.