Internasional

Koalisi Mahathir Retak, Saling Tuding hingga Konspirasi Pemberontakan

Redaktur: Ahmad Nugraha
Koalisi Mahathir Retak, Saling Tuding hingga Konspirasi Pemberontakan - Internasional

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad

INDOPOS.CO.ID - Koalisi Pakatan Harapan (PH) mulai retak. Pemicunya adalah langkah Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad yang menerima para politikus mantan anggota United Malays National Organization (UMNO).

Gara-gara hal tersebut, kini ada kabar bahwa parlemen akan mengajukan mosi tidak percaya untuk menggulingkan ketua Parti Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM) itu.

''Beberapa faksi secara sembunyi-sembunyi merencanakan pemberontakan dan sangat mungkin lewat mosi tak percaya di Parlemen atas kepemimpinan Mahathir,'' bunyi tulisan bloger Malaysia Mujahidin Zulkiffli. Untuk menggulingkan Mahathir, dibutuhkan 112 dukungan dari 222 anggota parlemen.

Selain menerima anggota UMNO, Mahathir mulai mengkritik pemerintahan yang dibawahkannya saat ini. Menurut dia, pemerintahan saat ini belum bisa memenuhi janj-janji kepada rakyat seperti saat kampanye.

Di lain pihak, Sekjen Partai Islam Se-Malaysia (PAS) Takiyuddin Hassan juga mengeluarkan pernyataan dukungan terhadap Mahathir bahwa ada pengkhianatan dua partai di dalam tubuh PH.

Dia memang tak menyebutkan nama partai tersebut. Tapi, sangat mungkin yang dituduh salah satunya adalah Parti Keadilan Rakyat (PKR) yang dipimpin Anwar Ibrahim.

PKR langsung menampik. ''Tak ada yang ingin berkomentar. Sebab, itu bukan masalah dan hanya usaha PAS untuk mengalihkan fokus atas uang yang mereka ambil dari 1MDB,'' ujar Anwar Ibrahim. (sha/c22/dos/jpnn)

 

Berita Terkait

Nasional / SBY Kelewat Baper


Baca Juga !.