Evaluasi Debat Kedua, Jumlah Tim Hore bakal Dikurangi

INDOPOS.CO.ID – Usulan pengurangan jumlah penonton saat debat pilpres menguat. Dalam rapat evaluasi debat kedua, KPU bersama kedua tim sukses mempunyai pandangan serupa. Tapi keputusannya akan dilakukan pada rapat berikutnya.

Usulan ini diwacanakan oleh Bawaslu RI dan kubu Prabowo Subianto. Mereka menilai keberadaan pendukung di arena debat sangat mengganggu kandidat mengemukakan gagasannya.

“Jumlah pendukung diusulkan nanti dikurangi, nanti jumlahnya ya kurang lebih 50-an saja dari masing-masing pasangan calon,” ujar Ketua KPU RI Arief Budiman usai rapat di Kantor KPU RI Menteng Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Ia meminta usulan ini dibahas masing-masing internal tim sukses baik Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

Perwakilan BPN, Priyo Budi Santoso menuturkan, lebih baik tim hore dikurangi lantaran mereka terlalu berisik yang mengganggu para capres atau cawapres berdebat.

“Jadi sepenuhnya pihak kami 02 BPN Prabowo-Sandi setuju dengan gagasan awal KPU,” jelasnya.

Sementara dari kubu TKN, Garda Maharsi juga sependapat dengan kubu lawan. Pihaknya mengaku siap dengan keputusan KPU.

“Saya rasa tadi usulan ya khususnya, itu murni dari 02, berikut juga rekomendasi dari Bawaslu. Prinsipnya kami menghormati. Jika memang nanti menjadi sebuah keputusan bersama, kami pasti melaksanakan,” pungkasnya. (jaa)

Komentar telah ditutup.