Hukum

Sering Mangkir, KPK akan Datangi Sjamsul Nursalim di Singapura

Redaktur: Ahmad Nugraha
Sering Mangkir, KPK akan Datangi Sjamsul Nursalim di Singapura - Hukum

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata (kanan). Foto: Akbar Budi Prasetia/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mendatangi pengusaha Sjamsul Nursalim di Singapura. Ini dilakukan dalam rangka pemeriksaan yang berkaitan dengan kasus Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI).

KPK melakukan hal tersebut, karena Sjamsul selalu mangkir dari panggilan KPK. Bahkan, ketidakhadirannya itu selalu tidak ada alasan yang jelas.

"Ya kita lebih baik mendatangi yang bersangkutan kalau kita ingin meriksa (Sjamsul, red),” ujar Wakil Ketua KPK Alexander Marwata kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Selain itu, Alex sapaan karib sang pimpinan KPK itu mengungkapkan, status permanent resident yang di miliki Sjamsul juga bagian dari alasannya untuk tidak hadir dalam panggilan KPK.

"Pasti dong, pasti. Nanti kalau dipanggil nggak datang-datang, kita datang ke sana," ujarnya.

Sebelumnya dalam perkara ini, KPK menjerat mantan Ketua BPPN Syafruddin Arsyad Temenggung. Dia pada akhirnya divonis bersalah dengan hukuman pidana penjara selama 13 tahun dan denda Rp 700 juta subsider 3 bulan kurungan.

Dalam vonis Syafruddin, majelis hakim mempertimbangkan perbuatan itu dilakukan bersama-sama dengan Sjamsul, Itjih, serta Dorodjatun Kuntjoro-Jakti. Atas perbuatan itu, Syafruddin merugikan negara sebesar Rp 4,5 triliun terkait BLBI karena menguntungkan Sjamsul sebesar Rp 4,5 triliun. (bar)

 

 

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Dua Rektor UIN Banda Aceh Diperiksa KPK

Nasional / Kasus Rommy, KPK Periksa Rektor UIN

Headline / Presiden Jokowi Segera Pilih Pimpinan KPK Baru 

Hukum / KPK Perpanjang Penahanan Tiga Tersangka Suap Imigrasi NTB

Headline / Sjamsul Nursalim dan Istri jadi Buronan KPK

Headline / KPK dan Menag Saling Bantah Terkait Gratifikasi Rp 70 Juta


Baca Juga !.