Politik

KPU Usul Penonton Bisa Ikut Tanya Peserta Debat Pilpres

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
KPU Usul Penonton Bisa Ikut Tanya Peserta Debat Pilpres - Politik

TONTONAN-Debat Kedua Capres 2019. Foto : Charlie Lopulua/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusulkan format baru dalam debat Pilpres 2019 putaran selanjutnya. Nantinya, para tamu undangan yang hadir diarena debat diusulkan bisa ikut bertanya kepada peserta debat.

Anggota KPU RI Wahyu Setiawan menjelaskan, gagasan ini diyakini bakal membuat jalannya debat menjadi eksploratif. Meski begitu, pertanyaan dari panelis debat tetap ada. "Kami ingin menambah melalui gagasan baru, agar bagaimana pelaku (tamu undangan) bisa bertanya secara langsung," kata Wahyu di Kantor KPU RI Jalan Imam Bonjol Menteng Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Tamu undangan yang dimaksud KPU ialah mereka-mereka yang berasal dari kalangan tokoh, akademisi maupun LSM yang relevan dengan tema debat. "Misal kan ke depan (debat ketiga) kan tema pendidikan, kesehatan, yang kesra-kesra itu. Jadi misalnya pakar pendidikan tanya langsung. Atau bukan pakar, tetapi pengelola pendidikan nonpemerintah," papar komisioner asal Banjarnegara itu.

Wahyu menegaskan bahwa saat ini KPU sedang merumuskan mekanisme usulan tersebut. Gagasan ini harus terus dikaji agar bisa dilakukan atau tidaknya. Setelah itu, KPU baru bisa menawarkan gagasan tersebut kepada para tim sukses kedua paslon.

"Bahkan mungkin kami akan tambah (gagasan baru). Jadi kami membuat format baru dalam satu sesi seperti itu. Ini baru tahapan gagasan ulang akan kami kaji kemungkinannya," pungkasnya. (jaa)

Berita Terkait


Baca Juga !.