Nasional

Dana Desa Percepat Pembangunan Desa

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Dana Desa Percepat Pembangunan Desa - Nasional

SOSIALISASI-Acara workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa Dengan Aplikasi Siskeudes 2.0 di Gedung Serba Guna (GSG) Kantor Pemerintah Kabupaten Tangerang, Rabu (20/2/2019). FOTO:IST

INDOPOS.CO.ID - Anggaran dana desa mampu mempercepat pembangunan di desa. Menurut Anggota Komisi XI  DPR RI, Andi Achmad Dara, program dana desa dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)  diatur dalam Undang-Undang (UU) Desa Nomor 6 Tahun 2014.

”Dana desa hadir agar desa bisa melakukan pembangunan yang baik, merata, dan berkeadilan serta mengentaskan kemiskinan. Dengan begitu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar  Andi Achmad Dara,  di acara workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa Dengan Aplikasi Siskeudes 2.0 di Gedung Serba Guna (GSG) Kantor Pemerintah Kabupaten Tangerang,  Rabu (20/2/2019).

Pria yang juga anggota Fraksi Partai Golkar (FPG) DPR RI ini menjelaskan, pagu anggaran dana desa tahun 2019 yang akan dikucurkan sebesar Rp 70 triliun. Jumlah itu lebih besar dari tahun 2018 sebesar Rp 60 triliun. Penggunaanya diprioritaskan untuk bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat, sesuai dengan kebutuhan.

”Kenaikan pagu ini, adalah dampak positif dari penggunaan dana desa di tahun sebelumnya terhadap penurunan kemiskinan,” jelasnya. Lebih lanjut Andi Achmad Dara, mengatakan, komisi XI sebagai mitra Kementerian Keuangan,  juga mendorong  supaya cepat untuk memberikan penyaluran dana desa tersebut.

”Hal itu agar terjadi penerapan dengan cepat di desa-desa. Tapi tergantung juga dengan laporan dari desa terhadap penggunaan dana sebelumnya, karena ini usernya adalah desa,” ujar  Andi Achmad Dara.

Pria yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Banten III (Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan) tersebut  berharap para Kepala Desa di Kabupaten Tangerang untuk bekerja keras meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

”Manfaatkanlah dana desa ini untuk kepentingan masyarakat. Sehingga Pemerintah Pusat dapat terus menggelontorkan dana desa untuk masyarakat. Pemerintah dan DPR konsen dengan program ini. Insya Allah dana desa bisa menjadi jalan untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia,”  pungkas salah satu pimpinan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) ini.

Sementara itu,  Wakil Bupati Kabupaten Tangerang Mad Romli mengatakan, kemajuan suatu desa, merupakan tolak ukur kemajuan pembangunan suatu daerah. Ditambah lagi, Pemerintah kini kian fokus meningkatkat kualitas desa dengan program dana desa. ”Pelaksanaan program dana desa merupakan agenda penting dari reformasi pemerintahan yang akuntabel dan transparan,” pungkasnya. (dai)

TAGS

Berita Terkait


Baca Juga !.