Headline

Teror Petasan, KPU Rencana Tiadakan Nobar

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Teror Petasan, KPU Rencana Tiadakan Nobar - Headline

HIBURAN-Pengunjung nonton bersama (nobar) debat Calon Presiden di Kemang Village, Mampang, Jakarta Selatan, Minggu (17/2/2019) malam. FOTO: JOSEVICAR IQBAL/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Nonton bareng debat pilpres para pendukung di sekitar arena debat kemungkinan dihilangkan. Insiden ledakan petasan menjadi penyebab utamanya opsi ini dilakukan.

"Kejadian (ledakan) nobar di luar itu juga tadi kami sampaikan, mari kita sama-sama mengkaji. Dan kita putuskan di rapat selanjutnya apakah kegiatan nobar itu masih perlu diadakan atau ditiadakan," tutur Anggota KPU RI Wahyu Setiawan di Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Ia menjelaskan, pada dasarnya kegiatan nobar sudah dilakukan oleh kelompok masyarakat di berbagai daerah tanpa harus difasilitasi KPU. Wahyu menilai, nobar disekitar arena debat tidak terlalu relevan. "Kami rekomendasikan nobar pada saat yang difasilitasi itu, kami rekomendasikan ditiadakan untuk mengurangi risiko," jelasnya.

Meski begitu, KPU sendiri tidak melarang masyarakat hendak melakukan nobar ditempat-tempat tertentu. Bahkan baik kubu Jokowi maupun kubu Prabowo juga melakukan nobar mandiri. "Jadi sebenarnya, tanpa fasilitasi dari KPU mereka sudah seperti itu. Sehingga kami rekomendasikan agar nobar tidak difasilitasi dalam konteks ini," pungkas Wahyu.

Adapun kejadian ledakan ketika debat kedua pilpres terjadi didekat lokasi para pendukung Jokowi menggelar nobar atau tepatnya di depan pool kolam renang Kawasan Gelora Bung Karno. Tak ada korban jiwa dalam insiden itu, hanya saja masyarakat sempat panik. (jaa)

Berita Terkait


Baca Juga !.