Politik

Warga Disabilitas Ikuti Sosialisasi Pemilu

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Warga Disabilitas Ikuti Sosialisasi Pemilu - Politik

HAK PILIH-Penyandang tuna rungu mengikuti sosialisasi Pemilu di Aceh.FOTO:IST

INDOPOS.CO.ID - Puluhan penyandang disabilitas, khusus tuna runggu, mengikuti sosialisasi Pemilu 2019 yang digelar serentak antara pemilihan anggota legislatif dengan pemilihan presiden.

Sosialisasi yang digelar Relawan Demokrasi Kota Banda Aceh dipusatkan di Kantor Young Voice Indonesia di Banda Aceh, Rabu (22/2/2019). Relawan Demokrasi Kota Banda Aceh Berbasis Disabilitas Zulfahendra mengatakan, sosialisasi ini untuk mengajak penyandang disabilitas berpartisipasi pada pemilu legislatif dan pemilihan presiden 17 April mendatang.

"Lebih dari 20 penyandang disabilitas, khususnya tuna rungu ikut sosialisasi. Sosialisasi agar mereka memahami tata cara pemilu," kata Zulfahendra menyebutkan. Zulfahendra menyebutkan, materi sosialisasi yang diberikan di antaranya pendataan pemilih. Peserta sosialisasi diajarkan cara memastikan apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum.

"Cara mengecek data pemilih menggunakan telepon android. Dengan telepon android, peserta diajarkan bagaimana melihat apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum," ungkap Zulfahendra. Selain itu, peserta juga diajarkan tata cara pemungutan suara. Seperti mendaftar ulang saat di tempat pemungutan suara, mencoblos surat suara, hingga memasukkan surat suara ke kotak suara.

"Dengan sosialisasi ini, kami berharap penyandang disabilitas ikut berpartisipasi memberikan hak pilihnya. Inilah tugas kami, relawan demokrasi, meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019," kata Zulfahendra.(ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Banten Raya / Tidak Netral dalam Pemilu 2019, ASN di Banten Disanksi Berat

Ekonomi / Stabilitas Harga Pangan Redam Gejolak Politik

Politik / Kivlan Zen Diperiksa Bareskrim Polri Rabu

Nasional / KPK Sebut Ada 685 Caleg Terpilih Telah Sampaikan LHKPN


Baca Juga !.