Headline

Intoleran Sisihkan 57 Negara

Redaktur: Juni Armanto
Intoleran Sisihkan 57 Negara - Headline

INDOPOS.CO.ID - Kartunis Harian INDOPOS, M. Syaifuddin Ifoed berhasil meraih juara kedua dalam lomba kartun tingkat internasional atau ‘PAPB International Cartoon Festival 2019’ bertema ‘Unity in Diversity’ di Semarang, Jawa Tengah (Jateng), belum lama ini. Ifoed, sapannya berhasil menyisihkan 1.091 karya kartun dari 57 negara. Sementara juara pertama disabet kartunis asal Iran, Alireza Pakdel dan juara juara ketiga Alexander Dubovsky, kartunis dari Ukraina.

Ifoed menerangkan, karyanya yang berjudul ‘Intoleran’ menggambarkan keadaan carut marut pendidikan di Indonesia yang belum sepenuhnya baik sebagai gambaran toleransi di tengah masyarakat. ”Masalah toleransi dalam menghargai pendapat pun masih sering dengan adu otot dan pemaksaan pendapat,” ujarnya di Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Melalui seleksi ketat, sentilan kartun Ifoed telah berhasil memikat para juri untuk dinobatkan sebagai pemenang dalam kategori Kartunis Profesional. ”Saya hanya mengirimkan satu karya itu saja, alhamdulillah menang,” tandasnya.

Salah satu juri profesional yang terlibat, yaitu Jitet Kustana, pendiri Gold Pencil yang baru saja berpameran kartun di Belgia pada Januari 2019. Dia juga sekaligus terlibat dalam penjurian Euro Kartoenale bersama dua juri lainnya telah menetapkan para pemenangnya. Selain kategori profesional, juga telah terpilih enam pemenang kategori untuk pelajar.

Jitet Kustana mengatakan, jika dihitung dari kategori profesional, peserta terbanyak berasal dari Indonesia dengan jumlah 75 kartunis. Peserta terbanyak kedua adalah Iran dengan 57 kartunis dan Turki dengan 29 kartunis. Ada pun untuk kategori pelajar, peserta terbanyak berasal dari Indonesia dengan 254 pelajar, yang disusul Turki dengan 34 pelajar dan Rusia dengan 24 pelajar. ”Sebagai bentuk transparansi, karya finalis ini dipublikasikan secara terbuka melalui situs kartun internasional untuk memastikan orisinalitas karya,” tandasnya.

Sementara itu, sebanyak 100 kartun karya profesional dan 47 kartun karya pelajar dari berbagai negara dipamerkan dalam acara ‘PAPB International Cartoon Festival 2019’. Kartun-kartun yang dipamerkan itu merupakan hasil seleksi dari 1.511 karya. Karya yang masuk terdiri dari 1.091 karya kartunis profesional dari 57 negara dan 420 karya pelajar dari tujuh negara. (aro)

 

 

 

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Tolak Poligami Cermin Sikap Intoleran

Nasional / Narasi Metro TV sebut Aksi 212 Intoleran, Sam Aliano laporkan ke KPI


Baca Juga !.