Kesehatan

Jangan Anggap Remeh, Kenali Tanda-Tanda Serangan Katarak

Redaktur: Novita Amelilawaty
Jangan Anggap Remeh, Kenali Tanda-Tanda Serangan Katarak - Kesehatan

Ilustrasi katarak. DOK INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Penyakit katarak adalah masalah kesehatan pada mata ketika terjadi kekeruhan di bagian lensa. Penyakit ini umumnya diderita para lansia. 

Penyebab-penyebab katarak bisa karena faktor genetik, gizi di masa lampau, paparan sinar matahari di negara tropis, dan penyakit diabetes.

 Kepala Bedah Refraktif Rumah Mata JEC, Dr Setiyo Budi Riyanto SpM(K) mengungkapkan beberapa hal yang menjadi tanda bahwa seseorang terkena katarak. 

Warna lensa mata berubah. Munculnya katarak dapat dilihat dari lensa mata yang akan berubah kekuningan atau kecoklatan. "Perubahan dari lensa mata itu nanti akan merasakan buta warna," kata Dr Budi, Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Kemudian, penglihatan yang mulai samar atau berkabut merupakan gejala awal yang patut diwaspadai. "Sebab, gumpalan protein pada mata akan mengganggu proses penangkapan bayangan oleh retina mata," ujarnya.

Ketika mata merasakan jika cahaya redup menjadi kurang nyaman dilihat, sebaikny segera periksa ke dokter. "Sebab, cahaya redup seperti pada saat malam hari akan sangat mengganggu penglihatan orang yang mengidap katarak," terangnya.

Bagi orang dengan penyakit miopi atau rabun jauh memang diwajibkan untuk menggunakan kacamata. Namun, terlalu sering dan cepat mengganti kacamata bisa jadi suatu gejala yang menandakan adanya katarak. Segeralah datang ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Melihat objek menjadi dua atau diplopia merupakan gejala umum yang dialami oleh pasien katarak. Jika mulai mengalami hal ini sebaiknya segera perikasakan dirimu ke dokter. "Sebab, bukan hanya katarak, kondisi ini bisa saja menjadi gejala penyakit lain seperti diabetes atau hipertensi," pungkasnya.

Mendapati cahaya dengan kuantitas tinggi memang terasa menyakitkan. Hal ini juga dirasakan bagi orang yang mengidap katarak. Tetapi, orang dengan katarak akan merasa lebih sensitif dan merasakan sakit yang luar biasa di sekitar mata, ketika mengalami kejadian tersebut.

Membaca sebuah tulisan dengan latar belakang putih nyatanya dapat membuat orang dengan penyakit katarak kesulitan. Sebab, kabut yang menyelimuti lensa akan menafsirkan warna senada dengan warna yang lebih banyak pada background.

Sampai saat ini memang belum banyak kasus katarak yang terjadi kepada orang dengan usia muda. Akan tetapi, ada baiknya untuk mewaspadai gejala-gejala yang timbul agar tidak menyerang kesehatan tubuh. (zbs)

 

Berita Terkait

Daerah / Bayi Ini Lahir Tanpa Kulit Perut

Lifestyle / Ini Loh Manfaat Lain Minum Susu

Lifestyle / Jaga Bau Mulut Saat Puasa? Ini Caranya

Lifestyle / Sering Tahan Buang Air Kecil, Ini Akibatnya


Baca Juga !.