Ekonomi

Daya Saing  Logistik Indonesia Naik Peringkat, Diprediksi Tembus 30 Besar

Redaktur: Ahmad Nugraha
Daya Saing  Logistik Indonesia Naik Peringkat, Diprediksi Tembus 30 Besar - Ekonomi

Ketua UmumAsosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nurgrahawan, berharap Logistik Performance Index (LPI) masuk 30 besar dunia./Foto : Deri/Indopos

INDOPOS.CO.ID - Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan optimistis daya saing logistik Indonesia akan masuk 30 besar dalam Logistik Performance Index (LPI). Pasalnya saat ini posisi LPI Indonesia, naik peringkat dari 63 naik  46.  Namun begitu, semua pihak harus kerja keras, sebab untuk tingkat   Asean justru turun dari posisi  4 ke posisi 5. 

"Artinya apa, negara tetangga kita terus berlari mengejar ketertinggalan. Karena itu,  Indonesia harus bisa masuk 30 besar di IPL. Dan kalau kita masuk 30 besar, kita bisa 3 besar di Asean. Caranya bagaimana, ekosistem harus berjalan, ini yang harus dibangun bersama ," ujar Yukki, ditemui usai meresmikan  Gedung DPW ALFI DKI Jakarta, Kamis (21/2/2019). 

Adapun LPI adalah indeks kinerja logistik negara-negara di dunia, yang dirilis bank dunia per dua tahun sekali. LPI didasarkan pada enam aspek, yakni efisiensi customs dan border management clearance (bea cukai), kualitas infrastruktur perdagangan dan transportasi, kemudahan pengaturan pengiriman internasional, kompetensi dan kualitas jasa logistik, kemampuan melakukan tracking dan  tracing, dan frekuensi pengiriman tepat waktu. Menurut Yukki, memperbaiki daya saing logistik harus dilakukan semua pihak. Disinggung soal  biaya logistik, menurut Yukki juga semakin  membaik. 

"Pada 2017 lalu, berdasarkan riset kita  23,6 persen. Pada 2018 turun 22,3 persen.  Biaya logistik kita turun tapi kurang cepat. Biaya logistik kita harus 18 persen," pungkasnya. (dai) 

Baca Juga


Berita Terkait

Ekonomi / Aptrindo Optimistis Bisnis Logistik Makin Bergeliat

Politik / Massa Terus Berdatangan ke Bawaslu RI

Internasional / Ekspedisi di Tiongkok Kompak Tolak Angkut Satwa Ilegal

Megapolitan / Kepulauan Seribu, Satu Kotak Suara Rusak


Baca Juga !.