Ekonomi

BRI Agro Bakal Right Issue Rp 700 Miliar

Redaktur: Jakfar Shodik
BRI Agro Bakal Right Issue Rp 700 Miliar - Ekonomi

NAIK KELAS - Dirut BRI Agroniaga Agus Noorsanto (kiri) saat menjelaskan rencana perusahaan ke depan. Foto : IST

INDOPOS.CO.ID - PT BRI Agroniaga (AGRO) optimistis tahun ini masuk jajaran bank umum kegiatan usaha (BUKU) III. Untuk menggapai impian itu, perusahaan butuh dana Rp 700 milir. Dan, kekurangan dana sebesar itu bakal disiasati melalui penerbitan saham baru atau right issue.

”Saat ini, modal inti perusahaan masih Rp 4,3 triliun. Kami masih butuh suntikan modal sekiar Rp 600-700 miliar. Itu bisa ditempuh melalui aksi korporasi right issue itu tahun ini. Nah, dengan tambahan dana itu, modal inti perusahaan bisa melewati Rp 5 triliun,” tutur Direktur Utama BRI Agro Agus Noorsanto melalui rilis resmi di Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Pada aksi itu sebut Agus akan ada investor strategis akan berpartisipasi. Perseroan masih melakukan penjajakan dengan sejumlah pihak. ”Kemungkinan investor strategic kita undang untuk masuk selain pemodal ritel,” ucapnya.

Namun, perseroan akan meminta persetujuan para pemegang saham terlebih dahulu melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Tahun lalu, perusahaan telah menggelar right issue dengan mengincar dana Rp 2 triliun. Tapi, hanya terserap Rp 1,2 triliun. Itu akibat harga penawaran Rp 400 lebih tinggi dari harga pasar saat itu. 

Manajemen mengklaim tahun lalu nasabah melonjak 60 persen dari 51 ribu menjadi 81 ribu. Raihan itu diharap dapat terulang tahun ini. Itu penting untuk mendongkrak simpanan berbiaya murah atau current account saving account (CASA) yang saat ini di kisaran 16 persen. ”CASA kami dongrak,” tukas Agus.

Selain itu, perusahaan menginginkan kontribusi pendapatan berbasis komisi atau fee based income tumbuh dua hingga tiga kali lipat dibanding saat ini. Untuk merealisasikan proyeksi itu, perseroan telah mengatur strategi. Salah satunya, dengan memanfaatkan jaringan e-channel. Perseroan bakal menggalakkan program digisaving yang akan mempermudah nasabah dalam melakukan pembukaan rekening. 

Perseroan menggelar program Gebyar Kejutan Poin Agrotama, salah satu bentuk penghargaan terhadap nasabah untuk meningkatkan loyalitas. Mekanisme pembentukan poin adalah dari pembukaan rekening baru Agrotama, rata-rata saldo bulanan rekening Agrotama, dan transaksi E-Banking. 

Perusahaan melakukan penarikan undian program gebyar kejutan poin Agrotama, untuk periode program April- Desember 2018. Pada pengundian itu, nasabah berkesempatan mendapat hadiah emas mulia, Grand Prize 1 kg emas mulia, 1 unit emas mulia 500 gram, dan 5 unit emas mulia 100 gram. Sehingga, total hadiah pengundian 2 kg emas mulia dan hadiah menarik lainnya melalui redeem point.

Sekadar diketahui, program itu membuat jumlah nasabah tabungan meningkat 29,03 persen (yoy) dan pertumbuhan volume tabungan mencapai 43 persen.  Selain itu, pertumbuhan user produk e-channel mencapai 63 persen (yoy) dengan total pengguna e-banking 67.533 user. Melalui program gebyar kejutan poin Agrotama, diharap meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk-produk BRI Agro, karena keberhasilan BRI Agro tidak lepas dari kontntribusi nasabah. (raf)

Berita Terkait


Baca Juga !.