Nasional

Petani di Ujung Senja, Roadmap Pangan Capres Tak Jelas

Redaktur: Jakfar Shodik
Petani di Ujung Senja, Roadmap Pangan Capres Tak Jelas - Nasional

SOROT - Diskusi mengkritisi kandidat presiden atasi tantangan pangan.

INDOPOS.CO.ID – Respon dua kontestan calon presiden (Capres) dinilai belum muaskan dalam urusan pangan. Baik Capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak mengeluarkan roadmap pangan ke depan.  

”Padahal, penduduk kita ada 280 juta dengan kelas menengah bertambah, itu menuntut tambahan pangan tidak kecil,” tutur Pengamat pertanian Khudori dalam diskusi di Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Selain tambahan pasokan pangan, tantangan lain yaitu penyediaan pangan harus mudah dan merata ke penjuru Nusantara. Nah, dalam debat capres putaran ke-2 kemarin, tidak muncul. Bagaimana kedua pasangan mendesain pangan ke depan. Di mana sumber-sumber protein dipenuhi dari dalam negeri. ”Termasuk produksi dan stoknya tidak muncul di debat,” ungkapnya.

Hal lain perlu menjadi perhatian kedua pasangan Capres dan wakil presiden mengenai kesejahteraan petani di masa depan. Kesejahteraan petani harus menjadi perhatian serius. Begitu pula mengenai regenarasi petani lokal lantaran saat ini 30 persen petani memasuki usia senja. ”Petani kita di ujung senja. 30 persen berusia 54 tahun. Dan, sebanyak 73 persen hanya lulusan SD atau bahkan tidak lulus SD. Bagaimana kedua calon mendesain kesejahteraan petani ke depan, ini tidak ada di debat,” serunya. (ant)

Baca Juga


Berita Terkait

Daerah / Petani Uji Coba Mina Padi

Megapolitan / Ibu Kota Ketergantungan Pangan dengan Daerah

Megapolitan / Duh, Marak Pangan Olahan Tak Kantongi Izin

Nusantara / Petani Kesulitan untuk Jemur Gabah

Daerah / Setelah Sepekan Tulungagung Direndam Banjir


Baca Juga !.