Kesehatan

Penyakit Distrofi Otot Tidak Bisa Disembuhkan, Ini Penjelasannya

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Penyakit Distrofi Otot Tidak Bisa Disembuhkan, Ini Penjelasannya - Kesehatan

AHLI- Wakil Sekretaris Jendral I Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Dr Ferry Rahman, di Jakarta, Kamis (21/2/2019). FOTO: SYAMSIAH/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Wakil Sekretaris Jendral I Dr Ferry Rahman dari Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menjelaskan jika penyakit distrofi otot tidak bisa disembuhkan secara total.

"Tidak bisa. Dia cuma bisa mengurangi gejalanya saja misalnya gejalanya kesakitan jadi dikurangi dengan lesi-lesinya diminimalkan lagi. Dan gejala-gelajanya dikurangi lagi," ujarnya di Jakarta, Kamis (21/2/2019). Bahkan hingga saat ini, diakuinya belum ditemukan apa yang menjadi faktor penyebab distrofi otot. Karena penyakit ini pertama kalinya ditemukan di dunia.

"Karena ini berkaitan dengan imunitas dan penyebabnya juga belum diketahui. Sejauh ini memang fase-fase dengan keluhan otot dan lain-lain belum bisa di deknotis secara langsung dan harus menggunakan lab yang sangat jelas," tuturnya.

Di Indonesia saat ini, pasien- pasien membuat sebuah perhimpunan atau perkumpulan agar bisa saling berbagi informasi terkait penyakit tersebut. Karena yang sering diserang itu adalah ototnya yang sangat lemah juga kekebalan tubuh. (cr6)

Berita Terkait


Baca Juga !.