Hobi

Makin Banyak Aplikasi Pinjam Uang Online Abal, Ini yang Harus Diperhatikan

Redaktur:
Makin Banyak Aplikasi Pinjam Uang Online Abal, Ini yang Harus Diperhatikan - Hobi

Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Pinjam uang online semakin menjamur belakangan ini. Sayangnya, kehadiran layanan yang seharusnya menjadi solusi untuk keuangan masyarakat tersebut, malah menimbulkan banyak keresahan. Masyarakat mengeluhkan akan bunga yang kelewat tinggi dan proses penagihan yang tak manusiawi. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menyikapinya? Apakah semua aplikasi pinjaman online berisiko?

Tak semua aplikasi pinjaman online berisiko

Perlu diketahui, tak semua aplikasi pinjaman online itu berisiko dan membahayakan. Sebab, sebagian besar aduan konsumen tentang layanan pinjaman online datang dari penyedia pinjaman yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK di sini berperan sebagai regulator yang mengawasi berjalannya perusahaan di bidang jasa keuangan, termasuk perusahaan teknologi finansial (tekfin).

Berdasarkan peraturan OJK, seluruh perusahaan tekfin harus mencatatkan perusahaannya agar bisa beroperasi secara legal. Terdapat proses yang panjang untuk mendapatkan izin OJK, karena mereka akan menguji keamanan setiap perusahaan tekfin dari segala sisi, baik dari segi besaran bunga, keamanan data, hingga keamanan transaksi. Artinya, perusahaan tekfin yang telah terdaftar di OJK bisa lebih dijamin keamanannya. Sedangkan keberadaan tekfin ilegal, tidak dalam pengawasan OJK.

Karena hal ini, para nasabah tekfin ilegal juga akan kesulitan untuk meminta perlindungan konsumen. Maka dari itu, penting bagi pengguna layanan tekfin untuk memilih penyedia pinjaman yang sudah terdaftar di OJK.

Bagaimana cara menyikapi aplikasi pinjam uang online yang berbahaya?
 

Supaya kamu tak terjebak dalam penipuan berkedok aplikasi pinjaman online, kamu harus jeli dalam melihat ciri-ciri perusahaan rentenir online dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

Lihat dan bandingkan bunga yang ditetapkan
 

Pertama-tama, cek terlebih dahulu bunga yang dikenakan penyedia pinjaman online tersebut. Jika bunganya mencapai 1% per hari atau 30% per bulan, maka bunga tersebut sudah tidak masuk akal. Lembaga pinjaman online yang aman pastinya mengenakan bunga yang wajar. Misalnya Kredivo, bunga yang dikenakan pada layanan pinjam uang online ini mulai dari 2,95% per bulan. Dibandingkan dengan layanan pinjaman tunai online lainnya, bunga yang dikenakan Kredivo lebih rendah hingga 50%.

Cek ulasan pengguna aplikasi tersebut
 

Lakukan riset singkat mengenai ulasan orang-orang akan penyedia kredit yang hendak kamu pilih. Selain di berita, kamu juga bisa mengeceknya melalui suara konsumen, atau langsung dari Google Play Store. Semakin banyak ulasan buruk tentang penyedia kredit tersebut, artinya semakin besar risiko yang akan kamu dapatkan ketika mengambil pinjaman tunai di sana.

Periksa situs dan alamat email perusahaan
 

Periksa alamat situs mereka, apabila diawali dengan “https:” bukan “http:”, maka bisa dipastikan bahwa perusahaan resmi dan aman. Cek juga email yang digunakan oleh perusahaan. Jika layanan pinjaman tersebut memang aman, maka mereka akan memakai email resmi perusahaan yang berakhir dengan nama perusahaan. 

Kredivo, aplikasi pinjam uang online terpecaya yang bisa dipilih
Salah satu layanan pinjaman online yang terjamin keamanannya adalah Kredivo, yang memberikan kamu pinjaman dalam bentuk limit kredit mencapai Rp 30 juta. Limit tersebut bisa digunakan untuk belanja online di lebih dari 200 e-commerce di Indonesia, sekaligus untuk dicairkan ke dalam bentuk dana tunai.

 

Untuk pinjam uang online di Kredivo, kamu bisa melakukan langkah berikut:

 

1.    Install aplikasi Kredivo melalui Google Play Store atau App Store

2.    Pilih opsi “Akun Premium”

3.    Unggah foto KTP dan foto diri (pastikan foto jelas dan bisa terbaca)

4.    Sambungkan akun e-commerce dengan riwayat transaksi

5.    Sambungkan akun internet banking sebagai bukti penghasilan (jika memilih Akun Premium Express)

6.    Atau unggah foto KK & STNK serta slip gaji & rekening koran (jika memilih Akun Premium Reguler)

7.    Tunggu konfirmasi approval paling lambat dalam 1×24 jam.

 

Setelah disetujui, kamu bisa langsung mengajukan pinjaman tunai dengan mengikuti langkah-langkah yang tertera di aplikasi. Setelah itu, dana akan dikirimkan ke rekeningmu dalam waktu 5 menit setelah pengajuan pinjaman dilakukan. (srv)

Berita Terkait


Baca Juga !.