Bola Dunia

Laga Ke-200 bagi Il Capitano

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Laga Ke-200 bagi Il Capitano - Bola Dunia

Daniele De Rossi Foto: ALBERTO PIZZOLI/AFP

INDOPOS.CO.ID - Francesco Totti kapten terlama AS Roma. Totti menjabat kapten Il Lupi dalam 25 tahun. Sebelum pensiun dan melepas ban kaptennya dua musim silam Totti sempat berpesan tentang penerusnya sebagai il capitano di Roma, Daniele De Rossi. ''Jika ban kapten melingkar di lengannya, saya pikir lengan Daniele (De Rossi) tempat yang tepat,'' sebut Totti, dikutip situs Il Romanista.

Nah, Minggu dini hari WIB (24/2/2019) jadi malam yang istimewa bagi De Rossi. Karena Lele, sapaan akrab De Rossi, sudah menapaki laga ke-200 di Serie A dengan ban kapten melingkar di lengan kirinya. Status sebagai kapten masih aktif terlama di Serie A dia tegaskan saat Roma menang 3-2 atas tuan rumah Frosinone dalam giornata 25, di Benito Stirpe, Frosinone.

Itu kemenangan tandang Serie A pertama dengan De Rossi sebagai kapten. Kali terakhir, De Rossi merasakannya ketika giornata pembuka melawan Torino (19/8). ''Daniele seperti Totti dari kharisma-kharismanya,'' puji bek Roma, Juan Jesus, seperti yang dikutip di Calciomercato. Sebelum Totti gantung sepatu, De Rossi-lah deputinya.

De Rossi mengawali tugasnya sebagai kapten Roma sejak 15 Maret 2006. Laga leg yang kedua Babak 16 Besar Piala UEFA 2005 – 2006 kontra Middlesbrough di Olimpico, Roma, jadi debut kaptennya. Tetapi, baru semusim berikutnya dia kebagian jatah sebagai kapten di Serie A. Tepatnya saat menantang Atalanta di Atleti Azzurri d'Italia.

Selain menjabat sebagai kapten, De Rossi pemain outfield yang paling senior di Trigoria, kamp latihan Roma. De Rossi berumur 35 tahun, atau lebih muda 16 hari dari Antonio Mirante, kiper ketiga Roma. ''Dia (De Rossi) pondasi bagi tim kami. Dia mampu membimbing kami dan punya andil besar bagi tim ini,'' tambah Jesus kepada DAZN.

Laga melawan Frosinone kemarin juga jadi laga ke-610 De Rossi bersama Roma. Dalam 610 laga itu, dia sudah mengoleksi 61 gol dan mencatatkan 54 kali assists. Selain itu, dia sudah mengoleksi 147 kartu kuning dan 12 kali diusir wasit. Yang ironis setelah menjejak laga ke-200 ini adalah nama De Rossi yang makin tenggelam dalam skuad asuhan Eusebio Di Francesco.

Di posisi middle three, trio Lorenzo Pellegrini, Steven Nzonzi, dan Bryan Cristante lebih menjanjikan. Selain usianya yang semakin menua, persoalan kebugaran kerap jadi handicap De Rossi musim ini. Sepanjang musim ini gelandang berjuluk Capitan Futuro (kapten masa depan) itu sudah pernah mengalami tiga kali cedera.

Dan, semuanya pada lutut kanannya. Total, gara-gara cedera tersebut dia sudah absen 17 laga bersama Roma. Dia sudah melewatkan 105 hari selama musim ini. Seumur-umur membela Roma, baru kali ini De Rossi absen selama itu dalam semusim. Kerap cedera itu yang membuat Di Francesco mulai jarang memberinya jatah starter.

Dari 17 laga dipasang EDF, inisial nama Di Francesco, De Rossi hanya 12 laga dipasang sebagai starter, termasuk kemarin WIB. Itulah alasannya performa il capitano tak sekokoh dulu musim ini. Penampilannya selama 90 menit kemarin telah menunjukkan adanya penurunan dari performa gelandang yang pensiun dari timnas Italia dengan 117 caps itu.

Pergerakan De Rossi yang memberikan ruang kepada Andrea Pinamonti mencetak gol di menit ke-80. Gol kedua Canarini, julukan Frosinone, sempat menyeimbangkan kedudukan hasil jadi 2-2. ''Dia (De Rossi) salah membaca situasi serangan lawan,'' keluh Di Francesco. De Rossi membiarkan Pinamonti bergerak tanpa marking di depan Robin Olsen, kiper Roma.

Untungnya, gol Edin Dzeko pada menit kelima injury time menyelamatkan muka Roma. Itu gol kedua Dzeko setelah menjebol gawang Marco Sportiello pada menit ke-30. Satu gol lain dari kreasi Pellegrini pada menit ke-31. Selain Pinamonti, Camillo Ciano jadi pencetak gol bagi tuan rumah saat menit kelima. Itu pun juga dari hasil miskomunikasi antara middle three Roma. Salah satunya De Rossi. (koc)

Baca Juga


Berita Terkait

Bola Dunia / Gabung Juventus, Aaron Ramsey Pakai Nomor Punggung 10

Bola Dunia / CR7 Sandang GOAT

Bola Dunia / Bakayako Bikin Kontroversi

Bola Dunia / Bikin Sensasi Lagi

Bola Dunia / 55 Kali Gaji Ronaldo

Bola Dunia / Napoli Cukur AS Roma 4-1 di Olimpico


Baca Juga !.