Bola Dunia

Madrid Raja Kontroversi

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Madrid Raja Kontroversi - Bola Dunia

Luka Modrić (kiri), Lucas Vazquez (kanan), Casemiro(bawah). Foto : Jose Jordan/AFP

INDOPOS.CO.ID - Real Madrid menahbiskan dirinya sebagai raja penalti La Liga pada musim ini. Total, dari 25 jornada pertama, Real sudah mendapat hadiah penalti dari wasit sebanyak delapan kali. Dua penalti terbaru Los Blancos, julukan Real, terjadi di Ciutat de Valencia, Valencia, Senin dini hari kemarin WIB (25/2/2019).          

Dua penalti yang mengantarkan Karim Benzema dkk memenangkan laga tandang melawan Levante. Real menang 2-1 (1-0). Benzema yang menuntaskan penalti pertama saat menit ke-43. Granotas, julukan Levante, sempat menyamakan kedudukan lewat sontekan Roger Marti menit ke-60.

Nah, penalti kedua sekaligus penentu hasil akhir yang dieksekusi Gareth Bale saat menit ke-78 memicu kontroversi. Arbitro Iglesias Villanueva memberi penalti kedua bagi Real setelah menilai gelandang Levante Cheick Doukoure melanggar gelandang Real, Carlos Casemiro. Keputusan itu juga didasarkan dari rekomendasi Video Assistant Referee (VAR).

Padahal dari tayangan ulang jelas terlihat tak ada pelanggaran yang dilakukan Doukoure. ''Tak ada kontak badan (Doukoure ke Casemiro). Penalti yang diberikan hanya berdasarkan dari gambar (VAR), itu tak seharusnya diberikan,'' sebut Juan Andujar Oliver, mantan wasit La Liga era 1990-an, kepada Radio MARCA.

Niat Doukoure membuang bola memang gagal. Bola berlalu tanpa ada sentuhan darinya. Uniknya Casemiro malah terjatuh seolah-olah terkena sapuan dari gelandang 26 tahun itu. Paco Lopez, entrenador Levante, mengaku telah memutar tayangan ulangnya berkali-kali. ''Saya pun percaya ke pemain saya yang beribu kali mengatakan bahwa dia sama sekali tak menyentuhnya (Casemiro),'' keluh Lopez, seperti dikutip La Vanguardia.

Dia menegaskan, tidak dalam kapasitas menentang VAR dan keputusan wasit. Tetapi apa yang dia lihat dari tayangan ulang sudah membuktikan semuanya. ''Saya akan mempercayainya jika faktanya memang seperti itu (ada pelanggaran),'' lanjut pelatih yang baru di musim ini naik level ke tim utama Levante setelah musim lalu di Levante B itu.

Kontroversi penalti kedua itu juga ikut memaksa Presiden Levante Quico Catalan angkat  suara. Catalan meminta wasit Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) melihat tayangan ulangnya. Menurutnya, ayunan kaki kanan Doukoure saat hendak membuang bola lumayan keras. ''Secara logika, kalau memang kakinya menghujam Casemiro, maka dia (Casemiro) harus ditarik keluar dengan ambulans,'' seloroh Catalan, dikutip AS.

Yang pasti ini jadi dua kemenangan tandang Real beruntun di La Liga yang diuntungkan dari gol penalti. Sebelumnya klub asuhan Santiago Solari ini memenangi El Derbi Madrileno di Wanda Metropolitano, markas Atletico Madrid) 1-3 juga dengan gol penalti dari Sergio Ramos. Tak pelak, penalti kedelapan ini memunculkan sindiran di dunia maya, Penaldrid. Singkatan itu mengingatkan dengan label Penaldo yang diberikan ke mantan bomber Real Cristiano Ronaldo. Semasa di Valdebebas, pemain Juventus itu terbantu koleksi golnya dari gol penalti.

Kepada Marca bek kanan Real Dani Carvajal menyebut dirinya melihat ada pelanggaran yang dilakukan Doukoure. ''Saya dapat mendengarnya (sepakan Doukoure ke Casemiro), meski saya berjarak 25 meter jauhnya (dari posisi Doukoure dan Casemiro),'' klaim Carvajal. Posisi di lapangan menunjukkan wasit Villanueva lebih dekat dari Carvajal.

''Saya bukan wasit, saya tak bisa menentukan keputusan. Tapi jika kedua wasit posisinya lebih dekat dan keputusannya sudah diratifikasi VAR, maka itu tak perlu diragukan. Tak mudah jadi wasit memang,'' sambung Carvajal. Casemiro juga sudah mengaku ke Solari jika dia benar-benar dilanggar Doukoure.

''Dia (Doukoure) jelas mengincar engkelnya (Casemiro). Lihat saja, pul sepatunya masih mengenai sepatu Casemiro. Itu yang dilihat VAR. Saya lebih percaya pada pemain saya,'' tegas Solari yang berjuluk El Indiecito itu. Selain mendapat hadiah penalti, Real juga mendapat kartu merah pada menit ke-86. Bek Nacho mendapat dua kali kartu kuning. (koc)

Baca Juga


Berita Terkait

Bola Dunia / Fans Real Madrid Maunya Mbappe, Bukan Eden Hazard

Bola Dunia / Sergio Ramos Aman Bersama Real Madrid, Marcelo Bebas ke Juve

Bola Dunia / Toni Kroos akan Bertahan bersama Real Madrid Hingga Juni 2023

Bola Dunia / Real Madrid Serius Memperbaiki Diri Musim Depan

Bola Dunia / Sukses Isco-Zizou


Baca Juga !.