Megapolitan

Tunggak Pajak, Mobil Dijual

Redaktur: Muhammad Izzul Mutho
Tunggak Pajak, Mobil Dijual - Megapolitan

Ilustrasi Foto

INDOPOS.CO.ID - Petugas Samsat Jakarta Barat terus memburu para penunggak wajib pajak kendaraan mewah. Metode door to door dilakukan guna penagihan.

"Ada 24 (kendaraan), di antaranya belum membayar pajak, tiga baru melunasi pajak dan 5 di antaranya telah kami lakukan pemblokiran," terang Kepala Unit Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Jakarta Barat Eling Hartono, Senin (25/2/2019).

Pihaknya akan terus mengintensifkan pembayaran pajak. ’’Beragam cara kami lakukan, salah satunya berkordinasi dengan kepolisian," katanya. Awal Februari 2019 lalu, tercatat ada 24 kendaraan mewah penunggak pajak. Operasi digencarkan dengan menjaring delapan kendaraan mewah. Eling pun mempertanyakan kepatuhan pembayaran pajak para pemilik mobil mewah.

Berdasarkan datanya, dari 24 mobil mewah, 21 belum membayar pajak. Kendati dirinya terus berupaya menghubungi para pemilik mobil mewah itu. Hingga kini, dari 21 mobil mewah yang belum bayar pajak, 6 di antaranya telah dijual.

"Enam di antaranya sudah dikonfirmasi dan mengaku sudah menjual mobil mewahnya ke orang lain. Sedangkan sisanya 15 mobil masih kami konfirmasi," ulasnya. Dijelaskan, para pemilik mobil mewah itu, menggunakan KTP orang lain untuk menghindari pajak progresif yang tinggi.

Untuk jumlah penerimaan dari tiga mobil mewah yang telah bayar pajak Rp 419.156.900. "KTP kerap disalahgunakan, digunakan untuk kepemilikan kendaraan orang lain," tandasnya.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf menegaskan bahwa pihaknya telah menginstruksikan anggotanya untuk membantu Pemprov DKI melakukan penagihan pajak kendaraan. "Nantinya mereka akan diarahkan untuk membayar pajak," tegasnya. (ibl)

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Masih Koordinasi Nilai Pajak Bus Listrik

Megapolitan / 14 Ribu Warga DKI Bayar Manual

Nasional / Berlaku April, Ini Kata Pengamat soal Pajak E-Commerce

Banten Raya / Mahasiswa Lebak Tolak Kenaikan PBB

Politik / Alasan PKS Bikin Janji Politik Selalu Singgung Pajak

Internasional / Biaya Pengolah Limbah Nuklir Meroket, Pembayar Pajak Tekor


Baca Juga !.