Headline

Rupiah Lanjutkan Tren Positif

Redaktur: Jakfar Shodik
Rupiah Lanjutkan Tren Positif - Headline

Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Transaksi nilai tukar rupiah antarbank Jakarta, Selasa sore, menguat ke level Rp 13.992 per dolar Amerika Serikat (USD). Itu berarti rupiah menanjak 26 poin dari sebelumnya di kisaran Rp 14.018 per USD. Itu terjadi sejalan optimisme investor terhadap kesepakatan dagang Amerika Serikat dan China. “Optimisme atas negosiasi perdagangan AS-China mendorong selera investor untuk aset berisiko," tutur analis sekaligus Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Selasa (26/2/2019).

Presiden AS Donald Trump mengatakan akan menunda kenaikan tarif barang-barang China pada 1 Maret 2019. Selain itu, Trump juga akan merencanakan pertemuan puncak dengan Presiden Cina Xi Jinping di Florida untuk menyimpulkan perjanjian, dengan asumsi pembicaraan perdagangan membuat kemajuan tambahan.

Di sisi lain, Trump juga menuturkan kedua belah pihak akan mengadakan KTT penandatanganan dan menjadi sangat sangat dekat meski ia memperingatkan ada kemungkinan  kesepakatan mungkin tidak terjadi sama sekali.

Selain itu, turunnya harga minyak juga memberikan sentimen positif terhadap nilai tukar rupiah. “Harga minyak mentah dunia yang turun berdampak terhadap impor BBM semakin murah, sehingga berdampak terhadap neraca perdagangan Indonesia," ujar Ibrahim.

Nilai tukar (kurs) rupiah pada Selasa pagi, dibuka menguat Rp 13.977 per USD. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp 13.976-14.005 per USD.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp 13.990 per USD dibanding hari sebelumnya di posisi Rp 14.007 per USD. (ant)

Berita Terkait

Headline / Rupiah Kamis Pagi Bergerak Melemah 45 Poin

Headline / Rupiah Melemah, Diikuti Pelemahan IHSG

Headline / IHSG Selasa Dibuka Naik, Rupiah Stagnan

Headline / Analis Sebut Rupiah Menguat, Tunggu Hasil Pemilu


Baca Juga !.