Ekonomi

OJK Sebut Perbankan dan Fintech Makin Bersinergi

Redaktur: Ahmad Nugraha
OJK Sebut Perbankan dan Fintech Makin Bersinergi - Ekonomi

Perbankan dan Fintech saat ini makin bersinergi

INDOPOS.CO.ID - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut Perbankan dan Fintech saat ini makin bersinergi. Berbeda dengan sebelum-sebelumnya.

"Semua transaksi fintech itu tidak mungkin tanpa perbankan.

Saat ini ada 99 perusahaan fintech yang terdaftar di OJK. Ada yang khusus pertanian, perikanan, perumahan, pulsa, logistik dan sebagainya,"
ujar Kepala Perizinan dan Pengawasan Fintech Direktorat Kelembagaan dan Produk Industri Keuangan Non Bank, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Alvin
Tauli, saat diskusi "Mendorong Sinergi Lembaga Keuangan-Fintech" di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rabu (27/2/2019).

Menurutnya, jumlah akumulasi penyaluran pinjaman hingga saat ini mencapai lebih dari Rp 25,9 triliun.

"Cukup besar," ujarnya.

Sementara itu, Senior Vice Presiden IT Solution and Security Division PT BNI, M. Faisal Jazuli mengatakan, Fintech terus berkembang. Kalau kita tidak beradaptasi dengan kondisi yang berkembang, tidak akan bertahan.

"Bank adalah entitas perusahaan, di dalamnya juga ada manusia2 yang bersosialisasi," ujarnya.

Menurut Faisal, fintech berkembang pesat karena produk atau layanannya dibutuhkan masyarakat.

"Secara aturan fintech lebih longgar.

Bank juga awalnya begitu, namun kemudian mendapati ada nasabah nakal. Untuk mengurangi resiko, ada analisis karakter. Regulasi itu muncul untuk melindungi semua," ujar Faisal.

Lebih lanjut dia mengatakan, perbankan harus beradaptasi dengan lembaga keuangan non tradisional. Yang unik, yang punya nasabah hingga ke wilayah terpencil

"Kita tidak hanya membuat program baru. Tapi juga menghubungkan ke komunitas-komunitas. BNI saat ini terus bekerjasama dengan fintech," ujar Faisal.
Misalnya, BNI sudah punya fitur pembayaran listrik. Pihaknya juga bekerjasama dengan fintech-fintech untuk pembukaan rekening.

"Bisa difasilitasi dari rekening fintech. Walaupun jauh dari kantor, bisa dibuka," ujar Faisal.

BNI kata dia, memiliki plan berkolaborasi dengan fintech. Jadi corporate plan BNI. "Kita sebut beyond. Fintech baru bisa berkolaborasi dengan BNI,
Saat ini sudah lebih 10 fintech yang bekerjasama," pungkasnya. (dai)

 

Berita Terkait

Ekonomi / Entitas Fintech Wajib Munculkan TKB 90

Ekonomi / Entitas Fintech Wajib Munculkan TKB 90

Ekonomi / OJK Seriusi Konsumen Industri Fintech Lending


Baca Juga !.