Siap Sukseskan Pemilu, Peringatan HUT Damkar-Satpol PP-Linmas Jadi Satu

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menggabungkan perayaan HUT Pemadam Kebakaran, Polisi Pamong Praja (Pol PP) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam satu momen. Acara puncak dihelat di Pekanbaru Riau (6/3/2019).

Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Elvius Dailami menuturkan, perayaan HUT ini sekaligus dijadikan konsolidasi untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019.

“Kawan-kawan kami dilapangan sudah stand by di posisi masing-masing agar pemilu berjalan lancar,” ujar Elvius dalam jumpa pers di Gedung Kemendagri Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Dalam mensukseskan pemilu, ia menjelaskan, para petugas Damkar telah melakukan pembinaan, meningkatkan kemampuan masing-masing dari aspek sarpras, SDM dan peralatannya. 

“Pada 3 Maret besok kami juga melaksanakan Skill Competition Aparatur Pemadam Kebakaran di Stadion Kahafudli yang diikuti oleh 32 perwakilan kabupaten/kota,” jelasnya.

Lalu untuk Pol PP, lanjut Elvius, mereka telah bersinergi dengan Bawaslu untuk menangani berbagai macam pelanggaran kampanye khususnya menertibkan alat peraga kampanye. 

Begitu pun dengan Linmas. Katanya, sebanyak 1,6 juta Linmas bakal mengamankan TPS ketika pemungutan suara. Nantinya ada 2 Linmas yang menjaga TPS.

Hut Damkar diperingati pada tanggal 1 Maret. Tahun ini usianya telah mencapai 100 tahun. Sementara pada tanggal 3 Maret usia Pol PP adalah yang ke-69 dan Linmas yang ke-57 diperingati setiap tanggal 19 April. (jaa)

Komentar telah ditutup.