Lifestyle

Pakai Produk Kecantikan tapi Wajah Tak Berubah ? Kenali Jenis Wajah Anda 

Redaktur: Ahmad Nugraha
Pakai Produk Kecantikan tapi Wajah Tak Berubah ? Kenali Jenis Wajah Anda  - Lifestyle

Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Pernah bertanya-tanya mengapa beberapa produk perawatan kulit bekerja pada orang lain tetapi tidak pada Anda atau sebaliknya? Alasannya sederhana. Itu karena kulit setiap orang berbeda. Namun, jenis kulit dibagi menjadi empat kategori utama tergantung pada berapa banyak minyak yang dihasilkan kulit anda. Diantaranya adalah kulit berminyak, kulit kering, kulit kombinasi, dan kulit sensitif. Pelajari satu atau dua hal tentang jenis kulit yang anda miliki dan apa yang paling cocok untuk Anda. 

Jika Anda belum tahu jenis kulit apa yang anda miliki, cara tercepat untuk mengetahuinya adalah melalui kertas blotting yang bisa anda dapatkan dari toko obat setempat. Cukup tepuk kertas tersebut di dahi dan hidung Anda. Jika kertas menyerap sedikit atau tidak ada minyak sama sekali, anda memiliki kulit kering. Jika terdapat sedikit minyak yang terkumpul pada kertas, anda memiliki kulit kombinasi yang normal. Dan terakhir, jika kertas blotting seperti direndam dengan minyak, maka jelas anda memiliki kulit berminyak . 

1. Kulit Kering 

Memiliki kulit kering ditandai dengan pengelupasan dan pengencangan kulit yang terasa. Meskipun kulit memiliki pori-pori yang sangat halus, kulit tidak menghasilkan minyak yang cukup yang perlu dipertahankan oleh wajah. Ada banyak penyebab kulit kering. Ini bisa turun temurun atau bisa juga disebabkan oleh faktor lingkungan dan pola makan. Air minum akan membantu mengembalikan kelembapan ke wajah. Pastikan untuk menggunakan pelembab secara teratur. 

2. Kulit Berminyak 

Minyak dalam jumlah tertentu diperlukan pada wajah. Tetapi kadang-kadang menjadi terlalu berlebihan hingga sulit ditangani dan dapat menyebabkan jerawat. Fakta menyedihkan tentang orang-orang dengan kulit berminyak adalah bahwa mereka sangat rentan terhadap jerawat karena pori-pori mereka yang membesar tersumbat. Namun, hal itu juga bagus karena memiliki kulit berminyak berarti kulit terlihat lebih muda dan lebih kenyal. Untuk merawat kulit anda, gunakan pembersih berbahan dasar minyak, hindari produk dengan kadar alkohol tinggi, terkelupas secara teratur dan makan sehat. 

3. Kulit Normal / Kombinasi 

Orang dengan kulit normal atau kombinasi mungkin yang paling beruntung di luar sana karena mereka cenderung tidak berjerawat, Tetapi itu tidak berarti bahwa mereka tidak memiliki masalah kulit. Mereka sering mengalami kekeringan di pipi mereka sehingga penting bahwa mereka menemukan pelembab yang tidak terlalu banyak menghalangi pori-pori mereka tetapi cukup untuk menjaga kelembaban di tempat yang diperlukan. 

4. Kulit sensitif 

Kulit sensitif mungkin jenis kulit yang paling rumit. Biasanya ada epidermis yang sangat tipis dan selalu terasa kering dan kencang. Butuh beberapa waktu untuk menemukan produk yang tepat. Mereka harus melakukan trial and error karena kulit mereka dapat memiliki reaksi yang berbeda untuk setiap produk. Bagi pemilik kulit sensitif, selalu cari indikasi seperti tidak menyebabkan iritasi, non komedogenik, bebas paraben dan sejenisnya. (fay/vines)

 

Baca Juga


Berita Terkait

Lifestyle / Kulit Berjerawat Baiknya Jangan di-‘Filler’

Lifestyle / Bebas Penjara, Berikut Hal Pertama yang Dilakukan Vanessa Angel

Lifestyle / Tujuh Kebiasaan yang Bikin Kulit Rusak

Lifestyle / Ini Manfaat Buah Markisa 

Jakarta Raya / Muka Kinclong Pakai Resep ala Jepang

Jakarta Raya / Kemasan Cantik Edisi Natal


Baca Juga !.