Hukum

Respon Video Hoaks, KPU Sumut Pilih Tempuh Jalur Hukum 

Redaktur: Jakfar Shodik
Respon Video Hoaks, KPU Sumut Pilih Tempuh Jalur Hukum  - Hukum

HUKUM - Ketua KPU Provinsi Sumut Yulhasni memberikan keterangan di kantor KPU RI, Jakarta. Foto: Dhika/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Yulhasni sudah melaporkan akun media sosial Facebook Muhamad Adrian. Karena menyebarkan informasi bohong perihal tercoblosnya surat suara salah satu pasangan calon (Paslon) Calon Presiden (Capres) dan Cawapres di kantor KPU Kota Medan. 

"Itu akun kali pertama menyebarkan informasi tentang video dan kita berharap kepolisian bertindak tegas bisa mengusut ini," ujar Ketua KPU Provinsi Sumut Yulhasni di kantor KPU RI, Jakarta, Minggu (3/3/2019).

Padahal KPU Kota Medan, kata Yulhasni belum menerima surat suara Paslon Capres dan Cawapres pada Pemilu 2019. "Kami pastikan sampai saat ini KPU Kota Medan belum menerima surat suara Capres dan Cawapres. Kami merencanakan pelipatan surat suara pada 5 maret 2019," katanya. 

Menurutnya Sumut ini selalu menjadi barometer Indonesia.  Karena memang masyarakatnya sangat heterogen mulai dari etnis, agama, dan suku. "Kita berharap peristiwa ini tidak menjadi ajang atau tempat orang untuk memecah belah Sumut yang sudah harmonis ini," kata Yulhasni. 


Informasi hoaks ini marak tersebar di media sosial Facebook, Sabtu (2/3/2019). Video itu berisi konten suasana ricuh di kantor KPU dengan durasi 6 menit 24 detik, dan menyebutkan kecurangan terjadi di KPU Medan, dengan adanya surat suara yang tercoblos. “Pertama diketahui pada Sabtu, pukul 19.00 WIB. banyak informasi baik ke saya secara pribadi maupun temen-temen. Informasi itu kemudian kita kroscek ke KPU Kota Medan. Kita panggil untuk memastikan apakah peristiwa itu benar atau tidak," bebernya. 


"Setelah kita kroscek, teman-teman KPU Tapanuli Utara mengatakan ini peristiwa di kantor kami dan mereka tahu betul peristiwa itu karna mereka menyimpan rekaman itu," tambahnya. (dan)

Baca Juga


Berita Terkait

Politik / Info 5 Ribu Santri Ikut Aksi ”People Power” Hoaks

Nasional / Pilot Ini Ditangkap Terkait Ujaran Kebencian

Headline / Mabuk Hoaks

Headline / Ini Fatwa MUI soal Menyebar Hoaks

Politik / Ratna Sarumpaet akan Nyoblos di TPS Polda Metro Jaya


Baca Juga !.