Lifestyle

Pojok Pintar, Sarana Cegah Berita Bohong

Redaktur: Ahmad Nugraha
Pojok Pintar, Sarana Cegah Berita Bohong - Lifestyle

Sekretaris Jenderal Kominfo Niken Widiastuti, di Jakarta, Senin (4/3/2019). Foto: Syamsiah/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Sekretaris Jenderal Kominfo Niken Widiastuti menyatakan, teknologi harus dimanfaaatkan perempuan untuk lebih berdaya dan mengembangkan potensi diri. Mulai dari mengonsumsi informasi yang berkualitas hingga dimanfaatkan untuk menambah penghasilan untuk meningkatkan ekonomi.

"Saya mengapresiasi ekosistem telekomunikasi yang bisa mengambil peran dalam memberdayakan perempuan dalam memanfaatkan teknologi secara bijak dan bermanfaat," tutur Niken, di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Ia juga sangat mengharapkan agar perempuan lebih melek digital. Apalagi saat ini banyak informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya dalam bentuk hoaks atau berita bohong.

"Melalui Pojok Pintar kita bisa saling belajar memilih dan memilah informasi. Sekaligus mencegah penyebaran hoaks dan berita bohong. Belajar untuk saring sebelum sharing dengan menjadi perempuan yang cerdas dan melek teknologi digital," harapnya.

Pengguna internet untuk perempuan kata Niken lebih sedikit dibandingkan dengan laki-laki. Jadi ada 48 persen pengguna internet ataupun yang menggunakan tanah digital. Kita berharap ibu-ibu anak-anak perempuan ini betul-betul bisa mengoptimalkan digitalisasi.

"Dari penelitian yang saya baca, bahwa Google itu telah melakukan penelitian ternyata 53 persen perempuan tidak menemukan informasi-informasi yang mereka butuhkan. Nah disinilah peluang dari sisternet untuk bisa memberikan asupan informasi sesuai yang dibutuhkan," katanya. (yah)

 

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Jumlah Kanal Penyebar Hoaks Terus Berkurang

Lifestyle / Kominfo Blokir Iklan Rokok di Internet

Politik / Info 5 Ribu Santri Ikut Aksi ”People Power” Hoaks

Nasional / Pilot Ini Ditangkap Terkait Ujaran Kebencian

Ekonomi / Kominfo Gerebek Pasar UMKM Go Online


Baca Juga !.