Kesra

INSA Dukung Rencana Pembentukan Tujuh Pelabuhan Hub Internasional

Redaktur: Ahmad Nugraha
INSA Dukung Rencana Pembentukan Tujuh Pelabuhan Hub Internasional - Kesra

Ketua Umum Indonesian National Shipowners Association (INSA) Carmelita Hartoto menekankan pentingnya kolaborasi semua stakeholder di industri jasa laut dalam menerapkan industri 4.0. Foto: Deri Ahirianto/ INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Ketua Umum Indonesian National Shipowners Association (INSA) Carmelita Hartoto mendukung rencana pemerintah yang akan akan membentuk tujuh pelabuhan hub internasional. Yakni, menjadi jaringan pelabuhan terpadu, terintegrasi dengan kawasan industri.
"Kalau tidak ada tambahan cost tidak masalah. Kami mendukung rencana tersebut," ujar Carmelita, usai diskusi Peluang dan Tantangan Digitalisasi Logistik, di Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Rencana tersebut juga akan dapat mendongkrak ekspor. Serta membuat biaya logistik semakin kompetitif.

Menurutnya, saat ini memang dibutuhkan logistik yang cepat. Dengan adanya pelabuhan hub internasional, produk komoditas bisa langsung di ekspor ke negara tujuan. Tanpa harus singgah di pelabuhan hub yang ada di luar negeri.

"Tentunya dengan adanya hal itu, kita juga berharap biaya logistik semakin murah," pungkasnya.

Adapun tujuh pelabuhan hub internasional, yang menjadi jaringan pelabuhan terpadu, terintegrasi dengan kawasan industri yakni Kuala Tanjung/Belawan, Kijing, Bitung, Tanjung Priok, Tanjung Perak, Makassar, dan Sorong.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan mengatakan, pentingnya digitalisasi logistik di pelabuhan.

"Digitalisasi itu akan berhasil kalau dibangun oleh pemerintah, dan ada ekosistem. Contoh di Pelindo Tanjung Priok, digitalisasi sudah dimulai dari shippingline ke pelabuhan. Tapi belum dari pelabuhan ke kami (logistik)," ujarnya. (dai)

 

 

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Arus Balik Via Pelabuhan Gilimanuk Lancar

Nasional / H+4, Darat Merayap, Penumpang Laut pun Membludak

Nasional / Awal Ramadan, Begini Aktivitas Pelabuhan Sunda Kelapa

Nasional / Pengelolaan Terminal Khusus, Ekspor di Kalimantan Barat Meningkat


Baca Juga !.