Daerah

Masa Tanggap Darurat di Kabupaten Madiun Ditetapkan Selama 14 Hari

Redaktur: Ali Rahman
Masa Tanggap Darurat di Kabupaten Madiun Ditetapkan Selama 14 Hari - Daerah

INDOPOS.CO.ID - Kabupaten Madiun menjadi daerah paling parah terlanda banjir di Jawa Timur. Sebanyak 39 desa, delapan kecamatan terendam banjir menyebabkan 4.317 KK atau 17.268 jiwa terdampak banjir. Masa tanggap darurat ditetapkan selama 14 hari.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, kerusakan lainnya yakni dua unit rumah rusak berat, sawah tergenang 253 hektare, tanggul rusak tiga titik, jembatan rusak dua unit, gorong-gorong rusak satu unit, dan ribuan ternak terdampak.

"Bupati Madiun telah menetapkan masa tanggap darurat banjir selama 14 hari mulai tanggal 6 hingga 19 Maret 2019," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (7/3/2019).

Kabupaten Madiun menjadi satu dari 15 kabupaten di Jawa Timur yang terdampak banjir. Terdapat kabupaten  Nganjuk, Ngawi, Magetan, Sidoarjo, Kediri, Bojonegoro, Tuban, Probolinggo, Gresik, Pacitan, Tranggalek, Ponorogo, Lamongan dan Blitar

"Untuk Kabupaten Ngawi 4.490 KK, Nganjuk 456 KK, Sidoarjo 498 KK, Tuban 620 KK, Blitar 240 KK, Probolinggo satu orang meninggal dunia dan satu orang," tambahnya.

Pendataan dampak banjir masih dilakukan BPBD. Evakuasi, pemberian bantuan permakanan, pendirian tenda dan lainnya masih dilakukan. Masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi banjir, longsor dan puting beliung.

Potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi masih berpelunag terjadi di beberapa wilayah di Jawa, Bali, NTB, NTT Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua dan Papua Barat. BMKG telah menyampaikan hal ini dan prakiraan hujan berpotensi tinggi untuk daerah-daerah di Indonesia telah disebarkan oleh BMKG kepada masyarakat luas. (dan)

TAGS

Berita Terkait

Banten Raya / Banyak Turap Rusak, Banjir Jadi Ancaman Serius

Megapolitan / Banjir Menyapa saat Sahur Perdana


Baca Juga !.