Waspadai Narkoba Serang Segala Profesi

INDOPOS.CO.ID – Hampir setiap hari media memberitakan tentang narkoba yang sudah menjadi hal yang sangat memprihatinkan semua pihak. Bagaimana tidak, semua profesi ada pecandu narkoba, mulai dari artis, politikus, mahasiswa, pelajar, berbagai jenjang pejabat sipil maupun militer dan sebagainya.

Dalam dunia kedokteran, pasti menemukan peningkatan kejadian, dan hanya ada dua kemungkinan. Pertama, apakah memang benar angkanya meningkat, yang kedua apakah karena kemampuan deteksi kita lebih bagus.

“Nah, sama juga dalam hal kasus narkoba ini. Narkoba bisa menjebak siapa saja, dari semua usia dan semua kalangan. Bisa jadi saat ini banyak tokoh masyarakat yang diberitakan terlibat narkoba itu karena kemampuan deteksi kepolisian dan BNN sudah jauh lebih bagus dan tegas,” tutur dr Andreas Kurniawan, SpKJ, di Jakarta, Minggu (10/3/2019).

Menurut teori psikososial kata Andreas, anak-anak atau remaja usia 12-18 tahun punya kebiasaan mencari role model atau panutan. Ini adalah proses pencarian jati diri mereka. Nah, biasanya yang menjadi role model adalah sesuatu yang bisa terhubung ke mereka.

Makanya, remaja cenderung memilih role model berupa musisi, artis, atlet, karena itu adalah tokoh yang related ke mereka dalam hidup sehari-hari. “Saat ini bahkan selebgram atau selebtwit bisa menjadi role model, asal ada aspek dari para seleb yang dianggap mengena ke followers,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, jika kita bandingkan ke tokoh masyarakat. Ketika kita merasa tokoh masyarakat sekarang tidak bisa menjadi role model, kemungkinan karena anak-anak milenial tidak bisa terhubung ke tokoh tersebut.

“Hal ini juga bisa berhubungan dengan pemberitaan di media yang mungkin cenderung mengangkat hal negatif terkait tokoh masyarakat kita, sehingga membuat mereka makin sulit untuk bisa dianggap sebagai role model,” tutupnya. (yah)

Komentar telah ditutup.