Lifestyle

Kecanduan Narkoba Hasil dari Coba-Coba

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Kecanduan Narkoba Hasil dari Coba-Coba - Lifestyle

JAUHI NARKOBA - Ilustrasi Orang Kecanduan Narkoba

INDOPOS.CO.ID – Peristiwa tertangkapnya politisi ternama karena kasus narkoba begitu memprihatinkan banyak pihak. Padahal, bahaya narkoba sudah tidak diragukan lagi. Sayangnya, penyalahgunaan obat-obatan terlarang makin marak di berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Masyarakat mengenal obat-obatan terlarang sebagai narkoba yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan berbahaya lainnya.

Banyak pengguna obat-obatan ini yang awalnya tergoda merasakan kesenangan sesaat atau sebagai pelarian dari masalah yang dihadapi. Padahal, efek narkoba dapat merusak kesehatan secara fisik dan kejiwaan.

"Kalau untuk penyebab seseorang menggunakan narkoba, biasanya pengguna punya alasan berbeda. Seperti jenis narkotika berbeda-beda. Misalnya ada yang golongan penenang, ada juga yang golongan stimulan, dan membuat semangat," tutur dr. Andreas Kurniawan, SpKJ, di Jakarta, Minggu (10/3/2019).

Ia juga mengatakan bahwa, pola penggunaan narkotika pun berbeda antar orang. Di dunia kedokteran pun punya klasifikasi untuk itu. Secara umum, ada yang disebut experimental user, yaitu yang hanya mencoba sekali-dua kali, karena penasaran.

Kemudian, ada yang disebut recreational user,  yaitu yang menggunakan obat-obatan untuk bersenang-senang ketika berkumpul dengan teman. Juga ada situational user, yaitu ketika seseorang menggunakan narkoba ketika berhadapan dengan situasi tertentu. Ada yang menggunakannya ketika stres, dengan tujuan untuk membuat tenang. Ada juga yang menggunakan ketika sedang banyak aktivitas, dengan tujuan agar otaknya tetap on.

Kemudian, di tahap akhir ada yang disebut sebagai dependent user atau pengguna yang sudah mengalami ketergantungan. (yah)

 

TAGS

Berita Terkait

Megapolitan / BNN Sita 200 Kg Sabu

Megapolitan / Ringkus Pengguna Narkoba di Rumah Kontrakan

Megapolitan / Modus Family Gathering, Pesta Narkoba Digerebek

Megapolitan / Jaringan Narkotika Abu Ditangkap 

Megapolitan / Pengedar Jaringan Internasional Ditangkap

Megapolitan / Pemilik Narkoba Lima Karung Sudah Dibekuk


Baca Juga !.