Nasional

Targetkan 4 Ribu Kelompok Tani Santri Milineal

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Targetkan 4 Ribu Kelompok Tani Santri Milineal - Nasional

BERBINCANG- Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Kementerian Pertanian Bustanul Arifin Caya usai acara Bincang Asyik Pertanian Indonesia, di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara, Bogor, Selasa (12/3/2019). Foto: Zulhaidah Bahar/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Kementerian Pertanian menargetkan sebanyak 4 ribu kelompok tani santri milineal menjadi wirausaha pada 2019 dengan memberikan bantuan usaha dan pelatihan serta pendampingan. Sehingga lahir wirausaha pertanian muda melinial yang mandiri dan punya kompetensi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Kementerian Pertanian Bustanul Arifin Caya usai acara Bincang Asyik Pertanian Indonesia, di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara, Bogor, Selasa (12/3/2019)

Menurut dia, Kementerian Pertanian mendorong lahirnya kaum milenial yang tertarik terhadap sektor pertanian. Untuk itu dibuat program petani milenial dan kelompok santri tani milenial. "Untuk kelompok santri tani milenial ditargetkan terbentuk 4.000 kelompok di seluruh Indonesia. Kita mendorong para santri menjadi kaum milenial yang mau terjun ke pertanian," ujar Bustanul.

Bagi kelompok santri tani milenial tersebut diberikan bantuan usaha sejumlah 500 ekor ayam yang kemudian diberikan pelatihan mengenai peternakan.  Menurutnya, pihaknya mengidentifikasi potensi dan kemauan kelompok santri tani milenial lalu diberikan bantuan usaha sesuai dengan kemampuan dan potensinya.

"Setelah diberikan bantuan usaha maka juga dilatih tentang tata cara beternak ayam misalnya, mengenai kesehatan hewan dan sebagainya. Sehingga mereka bisa mengelola ternak secara baik," ujar dia.

Program petani muda milenial dimaksudkan agar kalangan muda tertarik kepada pertanian. Sebab, selama ini sektor pertanian lebih didominasi oleh kalangan dewasa sebagai petani. Untuk itu, kalangan milineal yang menjadi petani selain memiliki kompetensi juga bisa nantinya menjadi wirausaha yang mandiri. (zbs)

Berita Terkait


Baca Juga !.