Internasional

TNI Tinjau Latihan Gulbencal di Hawai

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
TNI Tinjau Latihan Gulbencal di Hawai - Internasional

AKRAB- Suasana peninjauan Urban Search and Rescue Subject Metter Expert Exchange (USAR SMEE) TNI dengan HING di Hawaii. Foto: Dispenad fot INDOPOS

INDOPOS.CO.ID – Sebagai garda terdepan Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga memiliki tugas yang sangat penting yakni, membantu Penanggulangan Bencana Alam (Gulbencal). Karena, bantuan TNI sangat dibutuhkan dan diharapkan.

Selain itu, TNI akan terus melakukan peningkatan secara optimal, khususnya dalam hal penguatan postur bagi satuan Komando Kewilayahan yang rawan bencana dan Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRCPB).

Aster Divif 2/Kostrad Kolonel Inf Erwin, SIP., selaku Ketua Delegasi Indonesia mengatakan, bahwa kegiatan peninjauan Urban Search and Rescue Subject Matter Expert Exchange (USAR SMEE) di Hawai merupakan kelanjutan dari latihan yang dilaksanakan TNI dan HING di Malang pada akhir Februari lalu.

“Sesuai kesepakatan saat latihan di Malang, maka kali ini, (delegasi) Indonesia melaksanakan kunjungan ke HING yang sedang melaksanakan latihan penanggulangan bencana di Negara Bagian Hawai, Kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari, mulai tanggal 4 sampai 9 Maret 2019,” ungkap Aster Divif 2/Kostrad, Kolonel Inf Erwin, S.I.P dalam keterangan tertulisnya kepada INDOPOS, Selasa (12/3/2019).

Erwin yang juga menjabat sebagai Komandan Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRCPB) Wilayah Timur menjelaskan, kegiatan yang ditinjau delegasi yakni, latihan penanggulangan bencana yang sedang dilaksanakan oleh HING,

“Kita lihat tahap perencanaan sampai dengan persiapan latihan Gladi Lapangan atau Field Traning Exercise (FTX), dengan skenario Gulben gempa di daerah yang memiliki radiasi nuklir tinggi,” ujar Erwin.

“Kegiatan yang bersifat resiprokal ini bertujuan untuk melihat secara dekat pentahapan latihan penanggulangan bencana yang akan dilaksanakan oleh HING, khususnya pada tahap perencanaan dan persiapan Seach and Rescue (SAR) korban di daerah perkotaan,” sambungnya.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang dampak dan upaya yang telah dilakukan oleh HING dalam hal penanggulangan alam di Hawai, ucap Erwin, delegasi juga diberikan kesempatan untuk meninjau beberapa wilayah Negara Bagian Hawaii yang pernah dilanda bencana alam seperti letusan gunung merapi, tsunami, dan gempa bumi. (bar)

Baca Juga


Berita Terkait

Nusantara / Situasi Pulau Adonara Mulai Kondusif

Nasional / Satu SST Brimob Amankan Pulau Adonara

Nasional / Tentara Wanita Jaga MK Sampai Pagi

Headline / Polisi Adang Peserta Demo 22 Mei


Baca Juga !.