Politik

Mobil Komisioner Bawaslu Dilempar Batu

Redaktur: Nurhayat
Mobil Komisioner Bawaslu Dilempar Batu - Politik

Mochammad Afifuddin (tiga dari kiri). Foto : Jaa Rizka Pradana/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Komisioner Bawaslu RI Mochammad Afifuddin menceritakan pengalaman pahitnya pernah mendapat tindakan kekerasan. Insiden itu berupa pelemparan batu besar saat dirinya dinas ke Garut Jawa Barat, dua minggu lalu.

"Saya tidak tahu motivasinya itu murni kejahatan atau ada motif lain. Kalau kena kaca pasti pecah, tapi ketika itu mobil saya (melaju) kencang, yang penyok itu sebelah kiri," ungkapnya dalam diskusi bertajuk kekerasan Pemilu 2019 di Kanror Bawaslu RI Thamrin Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Ia mengaku tak mau mendramatisir kejadian tersebut. Terlebih, berspekulasi atas insiden itu merupakan kekerasan terhadap penyelenggara pemilu.

"Kalau ini kita anggap sebagai kekerasan dalam pemilu atau teror ke penyelengara, maka situasi itu terjadi," ujar pria asal Sidoarjo Jawa Timur itu.

Afif mengungkapkan, koleganya di penyelenggara pemilu juga telah banyak menerima tindakan kekerasan. Katanya, sudah ada 66 kasus kekerasan.

Teranyar, seorang perempuan panitia pengawas desa di Maluku dipukul sampai lebam. Pelakunya kini sudah berstatus tersangka. Lalu, ada pula kejadian pasca-sidang penanganan kasus pelanggaran di Sulawesi Tenggara, salah satu petugas KPU dipukul oleh pelapor.

"Dalam situasi yang kompetitif ini maka tertuduh utamanya adalah penyelenggara. Namun kami senantiasa menyampaikan ke teman-teman jangan juga kita terlalu mendramatisir kejadian itu," tutupnya. (jaa)

 

 

TAGS

Berita Terkait


Baca Juga !.