Politik

52 WNA Kembali Ditemukan Masuk DPT, Total Sudah 210

Redaktur: Nurhayat
52 WNA Kembali Ditemukan Masuk DPT, Total Sudah 210 - Politik

TERDAFTAR: Data WNA yang masuk ke Kartu Keluarga di Tegal, Jawa Tengah. Foto : antara

INDOPOS.CO.ID - Bawaslu RI kembali menemukan 52 warga negara asing (WNA) terdata masuk daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019. Dengan ini, lembaga pengawas ini menemukan total data WNA masuk DPT sebanyak 210 orang.


Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin mengungkapkan, temuan tambahan ini didapat usai pihaknya bersama Ditjen Dukcapil Kemendagi dan KPU menyisir sejumlah 1.680 e-KTP WNA.


"Kami mendapat (data) lebih dari itu, kan di sisir yang kita temukan tentang temuan karena DPT ini sifatnya dan faktual data-data yang ada di komputer," ungkap Afif di Gedung Bawaslu Jakarta, Rabu (13/3/2019).


Sebelumnya, per 8 Maret 2019 Bawaslu telah menemukan 158 orang yang berstatus WNA diduga masuk dalam DPT. Hal ini berdasarkan penelitian faktual Bawaslu terhadap potensi WNA masuk DPT ini.


Data tersebut tersebar di Provinsi Bali sebanyak 36 orang, Banten tujuh orang, Jogjakarta 10 orang, Jakarta satu orang, Jambi satu orang, Jawa Barat 29 orang, Jawa Tengah 18 orang, Jawa Timur 37 orang, Kalimantan Barat dua orang, Bangka Belitung satu orang, Lampung satu orang, Nusa Tenggara Barat enam orang, Sulawesi Utara dua orang, Sumatera Barat enam orang dan Sulawesi tengah satu orang.


Di satu sisi, KPU pernah merilis ada 101 WNA masuk DPT. "Jadi termasuk data yang pernah kita rilis itu tidak semuanya ada di data 101 yang KPU. Artinya potensi ini bisa bertambah, pengecekan ini kan dilakukan yang penting bagaimana data WNA tersebut apakah yang masuk 101 atau tidak, ini dibersihkan," urai Afif.


Ia menegaskan telah merekomendasikan KPU untuk membersihkan atau mencoret data WNA yang masuk dalam DPT. Karena WNA tidak mempunyai hak pilih dalam Pemilu 2019.


"Kami bersama KPU dan Dukcapil punya forum bersama untuk membersihkan data data orang yang TMS dalam DPT untuk dibersihkan," pungkasnya. (jaa)

 



TAGS

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.