Internasional

Marc Jacobs Ogah Ladeni Gugatan Hak Cipta dari Nirvana

Redaktur: Nurhayat
Marc Jacobs Ogah Ladeni Gugatan Hak Cipta dari Nirvana - Internasional

INDOPOS.CO.ID - Kuasa hukum perancang busana Marc Jacobs telah mengajukan mosi untuk menghentikan gugatan yang dibuat terhadapnya oleh band Nirvana, yang menuduhnya melakukan pelanggaran hak cipta.

Koleksi Redux Grunge dari perancang ini menampilkan kartun wajah tersenyum yang mirip dengan yang digunakan oleh Nirvana sebagai logo mereka, bersama dengan kata Heaven yang dicetak dalam jenis huruf Serif khas yang digunakan oleh band tersebut. Gugatan yang diajukan pada awal Januari berpendapat bahwa Jacobs dengan sengaja menggunakan gambar hak cipta Nirvana dan untuk mempromosikan produk-produknya dengan cara menekan, curang dan jahat. Pihaknya mengajukan kerugian moneter dan agar seluruh pakaiannya dihapus dari penjualan.

Mosi Jacobs untuk pemberhentian mengakui bahwa desain itu terinspirasi oleh kaos konser Nirvana vintage dari tahun 1990-an, tetapi berpendapat bahwa Jacobs menafsirkan kembali desain untuk memasukkan elemen merek [a Marc Jacobs] ke dalam citra merek yang biasa.

Mosi tersebut berpusat pada teknis, dimana Nirvana memiliki hak cipta sendiri untuk karya seni berupa seluruh desain t-shirt dengan wajah tersenyum, kata Nirvana, dan kata-kata Flower Sniffin Kitty Pettin Baby Kissin Corporate Rock Whores yang ditulis di bagian belakang. Dengan mengganti silang untuk mata dengan huruf M dan J, dan kata Nirvana dengan Heaven, mosi Jacobs berpendapat bahwa desain itu tidak melanggar hak cipta karena itu bukan replika yang serupa dengan desain Nirvana yang memiliki hak cipta.

Dilansir the Guardian, mosi itu juga berpendapat bahwa Nirvana bahkan mungkin tidak secara hukum memiliki logo yang ditulis oleh pentolan Kurt Cobain sebelum kematiannya pada tahun 1994. Gugatan itu dikatakan tidak berisi penjelasan atau bahkan kesimpulan yang tidak mendukung, tentang bagaimana atau apakah Cobain mengalihkan haknya pada wajah tersenyum dengan mata x ke pengarang  atau penuntut hak cipta yang terdaftar. Mereka berpendapat bahwa referensi lain untuk lagu-lagu Nirvana yang dibuat di situs web Marc Jacobs dan termasuk dalam gugatan seperti ikan haring merah yang tidak terikat dengan hak aktual dari klaim penggugat untuk dimiliki, dan mengatakan bahwa Jacobs telah lama menggunakan desain wajah smiley dalam karyanya.

Baik Courtney Love, janda Cobain, dan putri mereka Frances Bean Cobain telah tampil dalam iklan untuk Marc Jacobs. Nirvana yang membuat pengaduan dimiliki bersama oleh pasangan dan mantan anggota band Dave Grohl dan Krist Novoselic. Pihak Nirvana belum mengomentari mosi untuk penghentian tersebut. (fay)

Berita Terkait


Baca Juga !.