Internasional

Ribuan Spesies Hewan di Dunia Terancam Punah

Redaktur: Nurhayat
Ribuan Spesies Hewan di Dunia Terancam Punah - Internasional

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Lebih dari 1.200 spesies secara global menghadapi ancaman terhadap kelangsungan hidup mereka di lebih dari 90 persen habitat mereka. Dan hampir pasti akan menghadapi kepunahan tanpa adanya intervensi konservasi, menurut sebuah penelitian baru.

Para ilmuwan yang bekerja dengan Universitas Queensland dan Lembaga Konservasi Margasatwa Australia telah memetakan ancaman yang dihadapi oleh 5.457 spesies burung, mamalia, dan amfibi untuk menentukan bagian dari kisaran habitat spesies mana yang paling terpengaruh oleh penyebab hilangnya keanekaragaman hayati. Proyek ini dilakukan oleh tim peneliti yang sama yang menemukan bahwa hanya lima negara yang bertanggung jawab atas 70 persen hutan belantara yang tersisa di dunia.

Penelitian terbaru, yang diterbitkan dalam PLOS Biology, memetakan titik panas di mana spesies paling terpengaruh oleh ancaman seperti pertanian, urbanisasi, penerangan malam, jalan, kereta api, jalur air dan kepadatan penduduk, dan titik dingin yang menyediakan perlindungan dari ancaman-ancaman tersebut.

Tim tersebut hanya melihat ancaman yang diketahui mempengaruhi spesies di dalam kisaran habitatnya dan menemukan bahwa bagi sebagian besar satwa liar yang diteliti, dengan gangguan yang luas di sebagian besar habitat, sangat membatasi area di mana spesies dapat bertahan hidup.

Mereka mengatakan yang paling memprihatinkan adalah temuan mereka bahwa 1.237 spesies, hampir seperempat dari hewan yang dinilai, dipengaruhi oleh ancaman di lebih dari 90 persen distribusi mereka. Situasinya lebih buruk untuk 395 spesies, atau tujuh persen, yang ditemukan dipengaruhi oleh setidaknya satu ancaman yang relevan di seluruh rentang habitatnya.

“Hasil ini sangat mengkhawatirkan dan itu karena ancaman yang kami petakan memang spesifik untuk spesies tertentu,” kata James Allan, seorang peneliti pasca-doktoral Universitas Queensland dan penulis utama studi ini.

“Mereka adalah penyebab utama kemerosotan spesies dan alasan mereka terancam punah. Di mana ancaman tumpang tindih dengan suatu spesies, kita tahu bahwa spesies akan terus menurun,” katanya.

Mamalia diidentifikasi sebagai kelompok yang paling terkena dampak yang diteliti, dengan rata-rata 52 persen dari distribusi spesies terdegradasi oleh ancaman. Satu dari tiga spesies yang diteliti ternyata tidak terpapar ancaman di seluruh rentang habitatnya, tetapi para peneliti mengingatkan bahwa hasil ini harus ditafsirkan dalam konteks ancaman yang dipertimbangkan.

Dua ancaman besar yang belum dipetakan adalah penyakit yang mempengaruhi amfibi dan perubahan iklim yang mengancam semua spesies. Dampak manusia ditemukan pada spesies di 84 persen permukaan bumi.

Lima negara teratas yang paling terkena dampak ancaman tersebut berada di Asia Tenggara. Malaysia adalah negara yang paling banyak terkena dampak, diikuti oleh Brunei dan Singapura. Bioma yang paling banyak terkena dampak adalah hutan bakau, hutan berdaun lebar basah tropis dan sub tropis di Brasil selatan, Malaysia, dan Indonesia, dan hutan berdaun lebar kering tropis dan subtropis di India, Myanmar, dan Thailand. Negara-negara dengan are titik dingin terbesar atau tempat perlindungan dari ancaman juga berada di Asia Tenggara, berikut juga hutan hujan Amazon,sebagian Andes, dan Liberia di Afrika Barat.

Allan mengatakan bahwa pada beberapa kasus, titik panas dan titik dingin ditemukan berdampingan, yang ia kaitkan pada fakta bahwa terdapat keragaman spesies yang sangat tinggi di sana. “Hal yang paling jelas harus kita lakukan adalah melindungi titik dingin, rentangan area spesies yang tidak terpengaruh,” kata Allan. “Kita harus menghentikan ancaman-ancaman yang dapat masuk ke wilayah itu. Ada ruang untuk optimisme. Semua ancaman yang kami petakan dapat dihentikan melalui upaya konservasi,” tambahnya.

Allan mengatakan bahwa dalam beberapa kasus, titik panas dan titik dingin ditemukan berdampingan, yang ia nyatakan karena terdapat keragaman spesies yang sangat tinggi di sana. “Hal yang jelas perlu kita lakukan adalah melindungi titik-titik dingin, area rentang spesies yang tidak terpengaruh,” kata Allan. “Kita perlu menghentikan ancaman masuk ke wilayah itu. Ada ruang untuk optimisme. Setiap ancaman yang kami petakan dapat dihentikan melalui upaya konservasi,” ungkapnya dilansir the Guardian. (fay)