Daerah

Tiket Pesawat Mahal, Ramai-Ramai Naik Kapal

Redaktur:
Tiket Pesawat Mahal, Ramai-Ramai Naik Kapal - Daerah

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Jumlah penumpang kapal Roro di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), naik hingga 100 persen. Itu terjadi menyusul harga tiket pesawat dari Banjarmasin tujuan Surabaya, Jawa Timur (Jatim) menanjak signifikan.

Superintenden Operasional Pelabuhan Trisakti Masruni mengatakan, sejak awal Januari 2019, jumlah penumpang kapal naik cukup signifikan. Biasanya jumlah penumpang kapal tidak lebih dari sepuluh orang per hari, bahkan tidak jarang tidak ada penumpang sama sekali, kecuali truk dan angkutan barang.

Namun sejak harga tiket pesawat dari Banjarmasin tujuan Surabaya naik, jumlah penumpang kapal tidak kurang dari 50 orang per hari, bahkan lebih. ”Kenaikan jumlah penumpang ini, sebagian besar dipengaruhi kenaikan harga tiket pesawat dan dikenakannya biaya bagasi pesawat,” tutur Masruri di Banjarmasin, Kalsel, Selasa (12/3/2019).

Itu berbeda dengan tiket kapal, yang hanya sekitar Rp 250 ribu per orang, dengan bagasi tidak dibatasi. Saat ini, harga tiket pesawat dari Banjarmasin - Surabaya sekitar Rp 900 ribu bahkan ada yang mencapai lebih Rp 1 juta. Tentu pemandangan tersebut kontras dengan sebelumnya hanya Rp 450 ribu.

Karena selisih harga tidak terlalu jauh, membuat warga memilih naik pesawat dibanding naik kapal, lebih cepat, dan hemat waktu. Salah seorang penumpang kapal asal Pacitan Jatim, Joni mengaku setiap bulan harus pulang pergi Banjarmasin-Surabaya tiga kali. ”Pada saat harga tiket pesawat murah, saya memilih menggunakan pesawat untuk pulang mengunjungi keluarga,” aku Joni.

Namun kini, terpaksa memanfaatkan kapal laut, karena harga tiket jauh lebih murah dan terjangkau, walaupun perjalanan relatif agak lama, sekitar 18 jam. Selisih harga tiket pesawat dan kapal, kini cukup tajam, bisa mencapai Rp 750 ribu, belum lagi, kalau harus membayar bagasi. ”Kalau naik kapal, masih ada sisa untuk makan. Karena harga tiket pesawat sudah di atas Rp 1 juta lebih, belum lagi tambah bagasi,” ucapnya.

Hal senada disampaikan penumpang tujuan Jepara Norali. Dia mengaku bisanya pulang kampung dengan menggunakan pesawat. Namun, sejak harga tiket naik menjadi Rp 1,2 juta per orang, kini memilih naik kapal, karena bisa menghemat hingga 50 persen lebih. (ant)

Berita Terkait

Nasional / Harga Avtur Memicu Tiket Pesawat Sundul Langit 

Headline / Menhub Upayakan Harga Tiket Pesawat Tak Malambung


Baca Juga !.