Headline

Animal Defenders Indonesia Polisikan Pelaku dan Penyebar Video Penganiayaan Kucing

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Animal Defenders Indonesia Polisikan Pelaku dan Penyebar Video Penganiayaan Kucing - Headline

PEDULI HEWAN- Founder Animal Defenders Indonesia Doni Herdaru Tona. Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID - Animal Defenders Indonesia di bawah komando Doni Herdaru Tona melaporkan pemilik akun Facebook Yosafat Hasiholan Hasugian ke Polsek Delitua, Sumatera Utara, pada Rabu (13/3/2019).

Menurut Doni, pemilik akun Facebook Yosafat Hasiholan Hasugian diduga telah melakukan penganiayaan terhadap kucing dengan cara melemparkannya ke kali untuk ditenggelamkan. ”Barang bukti yang pegang antara lain print-out unggahan akun Facebook yang bersangkutan lengkap dengan video penganiayaannya," ujar Doni dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Doni juga mengatakan, dalam video tersebut pelaku bernarasi bahwa kucing yang mengganggu haruslah disiksa dan dibunuh. Doni Herdaru Tona menilai hal ini sengaja dilakukan oleh pelaku dengan motif ajakan agar orang lain melakukan hal yang sama.

”Bahwa perbuatan pelaku telah keterlaluan dan meresahkan masyarakat Indonesia karena video yang didistribusikan telah bersifat viral dan ditonton oleh ribuan orang di Indonesia," tutur Doni. Perbuatan pelaku dinilai memenuhi unsur Pasal 540 ayat (1) KUHP, Pasal 302 KUHP, Pasal 406 KUHP, Pasal 170 KUHP, UU Nomor 18 tahun 2009, tentang Kesejahteraan Hewan, Pasal 66 – 67, UU Nomor 41 tahun 2004, Pasal 66A ayat (1), juncto Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

”Kenapa UU ITE? karena telah merekam serta mendistribusikan tindakan kekerasan lewat video melalui media sosial, serta menghasut dan mengajak khalayak untuk melakukan tindakan kekerasan," ucap Doni. (bar)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.