Ekonomi

Revitalisasi Pasar Diyakini Mampu Tambah Penerimaan Daerah

Redaktur: Ali Rahman
Revitalisasi Pasar Diyakini Mampu Tambah Penerimaan Daerah - Ekonomi

Ilustrasi pasar

INDOPOS.CO.ID - Ekonom dari Universitas Brawijaya, Candra Fajri Ananda mengungkapkan, revitalisasi pasar bisa membuat penerimaan daerah bertambah karena adanya peningkatan retribusi dan pajak. Peningkatan retribusi ini terjadi karena manajemen pasar akan lebih teratur.

“Pajak daerah pasti naik. Kalau pasar tradisional itu direvitalisasi, mereka pasti ada retribusi pasar. In general, pajak daerah pasti naik. Semua diuntungkan,” ujarnya, melalui pesan tertulisnya kepada INDOPOS, Kamis (14/3/2019).

Candra menambahkan, tak hanya daerah, revitalisasi pasar diyakini juga membuat omzet tempat jual-beli bertambah. Tak ayal ini juga meningkatkan ekonomi masyarakat. Saat ini, memang masih dibutuhkan upaya lebih keras untuk bisa membuat pasar rakyat mampu bersaing dengan pasar-pasar modern besutan korporasi.

"Karena bagaimanapun, dari sisi manajemen dan suplai, pasar modern yang memiliki manajemen tunggal lebih unggul dibandingkan pasar rakyat yang terdiri atas banyak pengelola kios," katanya.

Pengelola Pasar Rakyat Purbolinggo, Lampung Timur, Budi Hariyanto menilai, revitalisasi pasar membawa dampak positif perekonomian di daerah. Hal ini tidak hanya bersumber dari kualitas pelayanan pasar yang meningkat, melainkan juga ada perbaikan dari sisi manajemen pengelolaan.

Pengelola Pasar Gunung Sari, Kota Cirebon, Edi Mahdi juga mengatakan hal yang sama. Ia menuturkan, revitalisasi pasar membawa perubahan positif terhadap kualitas pelayanan pasar, salah satunya dari sisi kebersihan.

Pihaknya sendiri telah menggandeng para pedagang untuk bersama-sama memperhatikan masalah kebersihan kios dan lingkungan sekitar pasar. Salah satunya dengan menertibkan aktivitas pembuangan limbah. (rmn)

 

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Persoalan Status Lahan Pasar Tradisional Bukan Masalah Besar

Megapolitan / Gunakan Dana Swasta, Empat Pasar Direvitalisasi

Ekonomi / Revitalisasi Pasar Dinilai Mampu Tarik Masyarakat Modern

Megapolitan /  Revitalisasi Blok F Molor Lagi


Baca Juga !.