Banten Raya

Warga Geruduk Kantor Camat

Redaktur: Syaripudin
Warga Geruduk Kantor Camat - Banten Raya

AKSI MASSA - Aksi unjuk rasa menuntut perbaikan jalan rusak di depan kantor Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Rabu (13/3/2019). Foto: Yasril Chaniago/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Ratusan warga yang menamakan diri BarisanMuda Cilangkahan (BMC),Kecamatan Wanasalam, menggelaraksi unju rasa dengan menggeruduk kantor Kecamatan Wanasalam.Sambil membentangkan poster, pengunjuk rasa yangrata-rata pemuda itu menuntutdiperbaikinya ruas jalan milik kabupaten yang menghubungkan Desa Bejod dan Desa Ketapang,yang sudah lama rusak parah.”Kami warga sudah berulangkalimeminta kepada bupati danDinas PUPR (Pekerjaan Umum danPenataan Ruang, Red) Lebak agarmemperbaiki jalan yang menghubungkanBejod dan Ketapang,yang rusak parah. Namun hinggakini belum juga terealisasi. Karenaitu kami demo camat, agar tuntutankami disampaikan kepada bupati,”terang ketua BMC Farzri Rodayatkepada INDOPOS, Rabu ( 13/3/2019).

Menurut Fazri juga, selama iniPemkab Lebak hanya memberikanjanji namun realisasinya tidakada. ”Ini bukti pembodohon pemerintahdaerah kepada warga.Kami sudah tidak percaya lagikepada janji-janji manis kepala daerah,” tegasnya. Dia menuding,Pemkab Lebak gagal membangunwilayah Lebak Selatan. Buktinya, begitu banyak ruas jalan di daerahitu yang kondisinya hancur.

”Jalan di daerah kami sudah tidak terlihat seperti jalanan.Lebih mirip kubangan kerbausaat turun hujan. Padahal potensimasyarakat begitu besar,dan potensi alamnya yang begituluas tidak akan produktif denganinfrastruktur jalan yang tidakmemadai,” cetusnya juga.

Senada diungkapkan SamsulMa’arif, koordinator lapangan (korlap) aksi demonstrasi yang meminta kepada Camat Wanasalam Cece Saputra menyampaikan tuntutan warga kepadaBupati Lebak agar jalan yangmenjadi urat nadi perekonomiandaerahnya bisa pulih kembali. ”Sekarang boro-boro menggunakan mobil, naik sepeda motordari Desa Bejod menuju Desa Ketapang sangat sulit. Jalannya rusak parah. Apalagi saat musim hujanseperti saat ini,” terangnya. 

Dia mengancam, jika tuntutan tidak digubris, akan membawa massalebih banyak lagi untuk berunjukrasa di kantor Bupati Lebak.”Meski kantor Bupati Lebak diKecamatan Rangkasbitung, yangjaraknya lebih 100 km dari KecamatanWanasalam, kami siap datang. Kami siap berdemo,”cetusnya juga.

Puas menyampaikan orasinya,warga lantasmembubarkan diridengan tertib.Sementara itu,Camat Wanasaam Cece Saputra yangdikonfirmasi koranini menjelaskan, kerusakanjalan di sejumlah titikdi daerah yang dia pimpinsudah masuk program skala

prioritas perbaikan secarabertahap hingga 2020 mendatang.”Sebelum aksi demo ini, saya sudahjelaskan kepada warga, perbaikan kerusakan jalan sudah jadiskala prioritas,” ujar Cece.Karena itu, dia meminta kepadawarga dan aktivis di Lebak Selatanbersabar, karena anggarayang dimiliki Pemkab Lebak terbatas.Jadi, perlu juga pembagianalokasi anggaran ke daerah lain.”Tapi bukan berarti KecamatanWanasalam dianaktirikan. Justruperbaikan jalan di Kecamatan Wanasalam masuk prioritas pembangunan Pemkab Lebak,”tukasnya. (yas)

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait

Megapolitan / Wakil Ketua DPRD DKI Salat Bersama Pendemo

Megapolitan / Dengar TPAS Galuga Ditutup, Pemulung Demo

Megapolitan / Pelaku Pencabulan Anak Bebas, Mahasiswa Demo Pengadilan


Baca Juga !.