Headline

Pemodal Dana Abu Hamzah dan Satu Pelaku Amaliyah Ditangkap Polisi

Redaktur: Novita Amelilawaty
Pemodal Dana Abu Hamzah dan Satu Pelaku Amaliyah Ditangkap Polisi - Headline

BERI JAWABAN-Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Dedi Prasetyo memberikan keterangnya di Mabes Polri, Jakarta. Foto: Dhika/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Selain menangkap terduga teroris Husain alian Abu Hamzah di Sibolga, Sumatera Utara, Selasa (12/3/2019). Pada waktu yang sama Densus 88 Antiteror menangkap dua orang terduga teroris bernama Ameng alias AK dan Ogel alias P. Keduanya memiliki peran berbeda-beda. 


"Hasil pengembangan aparat Densus 88 dan Polda Sumatera Utara mengamankan juga laki laki bernama AK alias Ameng. Kemudian satu lagi atas nama Ogel," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (14/3/2019).


Peran Ameng terhadap kelompok terduga teroris di Sibolga. Sebagai pemodal dana untuk membeli berbagai kebutuhan merakit bom berkisar mencapai Rp1,5 juta. Dari terduga tersangka polisi menyita sejumlah alat bukti yaitu bahan peledak. 


"Terhadap terduga tersangka tersebut dilakukan penyitaan. Penyitaan tersebut antara lain satu buah bom rompi yang berisi 10 buah bom elbow. Kemudian satu kardus berisi bahan peledak yang masih di periksa di lab forensik," terang Dedi. 


Sedangkan terduga teroris bernama Ogel berperan aktiv merencanakan amaliyah yang akan oleh Abu Hamzah. Selain itu dia juga menyimpan berbagai bahan peledak yang akan digunakan untuk melakukan aksi teror. 


"Barang bukti kalau misalanya terkumpul semuanya baik dari dua orang tersebut. Kurang lebih sekitar 300 kilogram bahan peledak. Ini cukup besar," Kata Dedi. 


Dalam hal tim Densus 88 antiteror terus mengembangkan kasus penangkapan terduga teroris itu. Tentu akan melakukan sejumlah upaya penegakan hukum terhadap kelompok tersebut. 


"Tidak menutup kemungkinan jumlah bahan bakunya cukup banyak. Tentunya butuh anggaran yang cukup besar, untuk bisa membeli bahan baku tersebut. kita masih mendalami siapa yang berperan sebagai penyandang dana terhadap kelompok Sibolga ini," jelasnya. (dan)



TAGS

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Demi Abu Hamzah, Terduga Teroris Tinggalkan Keluarga

Nasional / Khodijah Rencanakan Membuat Bom Mobil Bersama Abu Hamzah

Nasional / Tim DVI Masih Identifikasi Jasad Istri Abu Hamzah 


Baca Juga !.