Megapolitan

Pengobatan Gangguan Jiwa Jambrud Biru Bekasi Siap Tampung Caleg Defresi

Redaktur: Syaripudin
Pengobatan Gangguan Jiwa Jambrud Biru Bekasi Siap Tampung Caleg Defresi - Megapolitan

BERGEMBIRA-Sejumlah pasien gangguan jiwa saat mengikuti acara di Yayasan Jambrud Biru belum lama ini. Foto: Deny Iskandar/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Deny Iskandar, Kota Bekasi

Pemilu 2019 sebentar lagi digelar. Aksi jor-joran para calon anggota legislatif menghamburkan uang demi menarik warga memilihnya membuat para calon anggota legislatif kerap defresi saat tak terpilih. Akibat uang habis tapi harapan jadi wakil rakyat pupus membuat calon anggota legislatif itu stress bahkan gila.

Tapi jangan khawatir, karena Yayasan Jambrud Biru di Mustikasari Kampung Babakan, Gang Asem Sari II, Kelurahan Mustikasari, Kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi, bisa menjadi lokasi pengobatan caleg yang stress pasca tidak terpilih pada Pemilu 2019 nanti. Yayasan itu memang tempat berobat orang dengan gangguan jiwa.

Tak sedikit, para alumni yayasan itu sembuh dan dipulangkan ke keluarganya. Tapi ada juga yang tahunan menghuni tempat penyembuhan orang sakit jiwa tersebut, karena belum sembuh benar. Saat ini, pasien dengan gangguan jiwa yang dirawat di sana berjumlah 97 orang.

Para penderita gangguan jiwa itu datang akibat berbagai masalah yang mendera. Pada 2017-2018, kebanyakan pasien gila karena memiliki masalah ekonomi. Sedangkan selama 2018-2019, kebanyakan pasien jadi gila karena narkoba dan mempelajari ilmu kebatinan.

Namun jauh sebelumnya, pada 2014 yayasan itu banyak menerima pasien para caleg yang gagal terpilih. Para politikus itu dikirim keluarga karena mengalami gangguan jiwa setelah kalah bersaing dalam Pileg 2014 lalu. Jumlahnya sekitar delapan orang.

Para caleg gagal itu berasal dari berbagai daerah seperti Bandung, Sumedang, dan Tegal, Jawa Tengah.

”Biasanya setelah dua bulan usai Pemilu, banyak caleg dibawa pihak keluarga. Para caleg yang kalah ini mengalami defresi. Semua keluarga pasien meminta kami merahasiakan identitas. Itu akan kami lakukan,” terang Wakil Ketua Yayasan Jambrud Biru Suharyono, Rabu (13/3/2019).

Dia juga menjelaskan, pengobatan yang digunakan untuk menyembuhkan pasien gangguan jiwa menggunakan teknik tradisional. Pasien diberikan totok sarap, terapi rempah-rempah, sampai rukiah. Bahkan, hampir seluruh pasien yang beragama Islam wajib hatam Alquran bila ingin keluar dari tempat tersebut.

"Alhamdulilah sudah banyak yang sembuh," jelasnya. Sejauh ini, terang pria yang akrab disapa Yono ini, pihaknya memberi makan para penderita gangguan jiwa itu dengan mengharapkan sumbangsih bantuan dari para donatur. Termasuk sumbangan dari sejumlah instansi dan pemerintah daerah.

Bahkan, honor 20 tenaga pembantu yang mengurus para pasien gangguan jiwa itu berasal dari bantuan dari pemerintah daerah setempat tiap tahun. ”Tapi sudah tiga tahun, sejak 2016 lalu, Dinas Sosial Kota Bekasi sudah tidak memberikan bantuan lagi,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, orang yang menderita gangguan jiwa dasarnya orang baik. ”Jadi tidak ada yang perlu ditakutkan dengan orang gila,” paparnya juga. Karena, kemarahan yang ditunjukkan para pasien gangguan jiwa dilatarbelakangi adanya gangguan dari orang lain atau kondisi fisiknya tidak sehat.

”Kalau digangguin mereka marah, dan sedang lapar pun mereka marah," jelasnya. Para pasien gangguan jiwa yang tinggal di yayasan itu dibagi dalam dua kelompok dan tinggal di dua ruangan berbeda. Untuk ruang atas khusus kepada pasien yang sudah lama menghuni yayasan tersebut.

Sedangkan, untuk ruang bawah, ditempatkan pasien gangguan jiwa yang baru datang. ’Kalau yang masih baru kami tempatkan di bawah karena masih susah beradaptasi. Kalau yang tinggal di atas sudah mulai sembuh," tandasnya. (*)

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait

Headline / Pendaftaran PPDB di Depok, Antrean sejak Pagi Buta

Headline / Ini Para Komisaris di BUMN

Megapolitan / ASLI Mengatur Jasa Laundry Kiloan di Jakarta yang Menggiurkan

Headline / Cerita Duka Rombongan Maut di Tol Cipali

Megapolitan / Pangkalan Ojol Pun Jadi Tempat Mengais Rezeki Pedagang Lainnya


Baca Juga !.