Ekonomi

Pasok Pelanggan Tegangan Tinggi

Redaktur: Jakfar Shodik
Pasok Pelanggan Tegangan Tinggi - Ekonomi

AWARD - Direktur Keuangan PLN Sarwono Sudarto (kanan) menerima penghargaan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani menyusul kontribusi besar dan patuh terhadap peraturan perpajakan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan di Jakarta, Rabu (13/3). Foto PLN FOR INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) siap memasok listrik dengan daya total 188 juta volt ampere (VA). Daya sebesar itu akan diserap empat pelanggan tegangan tinggi di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng).

Empat pelanggan itu meliputi PT Indocement Tunggal Prakarsa (INTP) berlokasi di Kotabaru, PT Sebuku Iron Lateric Ores (SILO) berlokasi di Pulau Sebuku Kotabaru, PT THU Green Energy (THUGE) berlokasi di Buntok, dan PT Angkasa Jaya Mulia (AJM) berlokasi di Satui, Tanah Bumbu.

Direktur Bisnis Regional Kalimantan PLN Machnizon Masri mengapresiasi calon pelanggan tegangan tinggi telah mempercayakan kebutuhan listrik kepada PLN. ”Apalagi mengingat pelanggan tegangan tinggi merupakan suatu hal baru di kawasan Kalsel dan Kalteng,” tutur Machnizon melalui keterangan tertulis usai acara penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara PLN dengan empat calon pelanggan tegangan tinggi di Kalimantan, Rabu (13/3/2019).

Belum lama ini bilang Machnizon, pihaknya juga telah meneken dengan PT Indo Tambangraya Megah (ITMG). Perusahaan merupakan calon pelanggan tegangan tinggi pertama di Kalisel dan Kalteng. Pihaknya berharap perusahaan-perusahaan lain juga akan beralih dari captive power dan menggunakan listrik PLN. ”Masih banyak perusahaan di Kalsel dan Kalteng mengandalkan captive power. Harapannya akan banyak perusahaan lain ikut beralih menggunakan listrik PLN. Itu secara kolektif akan meningkatkan daya saing perusahaan Indonesia,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Perencanaan Korporat PLN Syofvi Felienty Roekman menambahkan, saat ini PLN memiliki kemampuan membangun yang luar biasa. PLN sudah bisa membangun jaringan transmisi sepanjang 5 ribu kilometer (km) sirkit per tahun, dan Gardu Induk hingga 20 ribu MVA per tahun. ”Itu peningkatan luar biasa dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Syofvi berharap ada posisi equal antara PLN dan pelanggan. Itu sebagai bentuk komitmen PLN kepada pelanggan. Itu dengan harapan pelanggan bisa lebih berkonsentrasi pada bisnis dan PLN akan support kebutuhan listrik,” harapnya.

Sementara itu, General Manager Operation INTP Site Tanjung Katon Primanto sebagai salah satu calon pelanggan tegangan tinggi, mengapresiasi kesiapan PLN menyediakan energi listrik untuk perusahaan. Selain untuk kelangsungan industri, kerja sama itu diyakini akan menjadikan perusahaan jauh lebih kompetitif. (dai)

Berita Terkait

Ekonomi / PLN Kembangkan Smart Grid

Ekonomi / PLN Masyarakatkan Kompor Listrik

Ekonomi / PLN Bayar Kompensasi Sutet

Ekonomi / PLN Jaring Talenta Milenial Berbakat


Baca Juga !.