Bola Dunia

Bisa-Bisa Messi-CR7 Lagi

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Bisa-Bisa Messi-CR7 Lagi - Bola Dunia

Pemain depan Barcelona, Lionel Messi. Foto: Pau Barrena/AFP

INDOPOS.CO.ID - Kuota perempat finalis Liga Champions musim ini sudah komplet. Liverpool dan Barcelona adalah dua tim terakhir yang lolos Kamis (14/3/2019). Barca lolos usai kemenangan 5-1 atas Olympique Lyon di Camp Nou. Sedangkan Liverpool mengajari Bayern Muenchen bermain bola di Allianz Arena dengan skor 3-1.  Pengundian delapan besar dilakukan Jumat hari ini (15/3/2019) di markas UEFA Nyon Swiss. Laga pertama perempat final digelar pada 10 dan 11 April mendatang. Sementara laga kedua 17 dan 18 April. 

Di babak delapan besar ini tak ada regulasi yang menghalangi klub senegara untuk saling bertemu. Juga tim yang sudah bertemu di fase grup punya kemungkinan berjumpa lagi.

Inggris menjadi negara yang meloloskan paling banyak wakilnya dengan empat tim. Yakni Liverpool, Manchester United, Manchester City, dan Tottenham Hotspur. Menurut catatan Opta dominasi klub Inggris di perempat final Liga Champions terakhir terjadi musim 2008-2009. Satu dekade yang lalu keempat tim Inggris yang lolos adalah Manchester United, Liverpool, Arsenal, dan Chelsea.

Jika Inggris diwakili empat tim langsung, maka Italia, Belanda, Spanyol, dan Portugal masing-masing hanya punya satu wakil. Yakni Juventus, Ajax, Barcelona, dan FC Porto.  Dari kedelapan perempat finalis partai mana yang paling ditunggu? Barcelona dan Juventus mungkin jawaban mayoritas. Tajuk utama pertemuan kedua tim itu pasti menyeret kompetisi capaian individu antara Lionel Messi versus Cristiano Ronaldo.

Musim ini di Liga Champions untuk sementara Messi unggul dalam hal produktivitas atas Ronaldo. Messi sudah mencetak delapan gol dan jadi top skor temporer bersama Robert Lewandowski (Bayern Muenchen). Sedangkan Ronaldo baru separonya stsu empat gol. Namun ingat Ronaldo absen satu laga di Liga Champions musim ini gara-gara menerima kartu merah di matchday pertama lawan Valencia (20/9/2018).

Meski demikian status Ronaldo masih top skor sepanjang masa Liga Champions dengan 124 gol. Kemudian Messi menguntitnya dengan koleksi 108 gol. Atau berjarak 16 gol di belakang Ronaldo.  Messi yang jadi hero Barca pada leg kedua kemarin dengan dua gol dan dua assist mengatakan apa yang ditunjukkannya kemarin tidaklah sebesar kontribusi Ronaldo. Ronaldo menghasilkan hat-trick ketika membantu Juventus lolos dengan kemenangan 3-0 atas Atletico Madrid Rabu (13/3/2019) lalu.   

“Apa yang dilakukan Ronaldo dan Juventus (pada babak 16 besar) sungguh impresif. Saya mengira Atletico Madrid akan lebih menyulitkan dari yang saya kira namun malam itu mutlak milik Ronaldo dengan tiga golnya ,” tutur Messi kepada Marca.

Dan awal musim ini, kita masih ingat bagaimana Ronaldo menyentil zona nyaman Messi di Barca. Ronaldo mengajak Messi pindah ke klub lain dan jika Messi berani silakan datang ke Italia untuk berkompetisi lagi dengannya.

Juventus sendiri tanpa Ronaldo bisa dikatakan akrab dengan Barca. Sebab dalam dua musim berturut keduanya selalu bertemu. Pada musim 2016-2017, Juventus menyetop perjalanan Barca di perempat final. Juventus menang 3-0 atas Barca di leg pertama di Juventus Stadium (12/4/2017). Kemudian menahan imbang Barca tanpa gol di Camp Nou pada leg kedua (20/4/2017).

Kekalahan oleh Barca saat itu jelas mengejutkan. Karena di babak 16 besar Barca melakukan comeback luar biasa. Setelah kalah 0-4 oleh PSG di Parc des Princes (15/2/2017), Barca menang 6-1 atas PSG di Camp Nou (9/3/2017).

Musim lalu atau musim 2017-2018, giliran Blaugrana yang revans. Pertemuan keduanya kali ini tidak sekrusial musim sebelumnya. Alias hanya terjadi di fase grup. Barca menang 3-0 di Camp Nou (13/9/2017). Kemudian Juventus bermain seri tanpa gol di Juventus Stadium (23/11/2017).

Mantan pelatih Real Fabio Capello punya pendapat berbeda tentang kemungkinan pertemuan Messi lawan Ronaldo di perempat final ini. Menurut Capello, Ronaldo memang pesepak bola luar biasa. Akan tetapi Messi adalah pesepak bola jenius.

 “Ada tiga orang jenius dalam sepak bola, Pele, Maradona, dan Messi. Ronaldo memang punya kekuatan fisik yang luar biasa dan seorang pemenang karena bisa memenangkan gelar apa pun namun mereka ada di kategori berbeda,” tutur Capello kepada Sky Sports Italia.

Di sisi lain, Barca juga bukan tak punya beban. Memang benar julukan El Pupas atau Yang Terkutuk adalah milik Atletico Madrid. Namun faktanya Blaugrana dan Messi adalah tim paling apes di perempat final tiga musim belakang.

Sejak terakhir juara musim 2014-2015, maka perjalanan Barca selalu berhenti di perempat final. Dua musim beruntun (2017-2018 dan 2016-2017), klub-klub Italia selalu 'menghabisi' Barca.  Musim lalu, Barca menaklukkan AS Roma 4-1 di Camp Nou (5/4/2018). Namun gara-gara jemawa, Barca kemudian bertekuk lutut kepada Roma di Stadion Olimpico 0-3 (11/4/2018). Meski agregat 4-4, Roma lolos karena keunggulan gol tandang.

Mundur lagi semusim atau 2016-2017, Juventus yang mengganjal. Nah, pada 2015-2016 giliran tim Spanyol Atletico Madrid yang menaklukkan Barca. Selain Barcelona versus Juventus, partai klasik lainnya adalah Manchester United versus Juventus. Di ajang Liga Champions, keduanya sudah saling bertemu sepuluh kali. United menang lima kali atas Juventus, seri satu kali, dan kalah empat kali oleh Juventus.

Barca lawan United juga masuk laga sarat aroma revans. United dalam dua pertemuan terakhir selalu kalah oleh Barca. Dan yang membuat nylekit adalah kedua kekalahan terakhir Setan Merah oleh Barca terjadi di final Liga Champions. Yakni musim 2008-2009 dan 2010-2011.

Sementara itu, dalam proses komputerisasi untuk menganalisis pemenang Liga Champions  musim ini maka muncullah nama Manchester City. City memperoleh probabilitas tertinggi dengan angka 28 persen. Disusul Liverpool dengan 22 persen dan Barca 20 persen.  Bagaimana persentase tim-tim yang lolos semifinal?  Urutan tiga besar tetap sama. City (74 persen), Liverpool (67 persen), dan Barca (65 persen). (koc)

TAGS

Berita Terkait

Bola Dunia / Pembalasan CR7

Bola Dunia / CR7 Operasi Plastik

Bola Dunia / Ronaldo Setuju Bayar Kutipan Denda Rp 303,6 M

Total Football / Tak Kunjung Cetak Gol, Wanda Nara Sindir CR7

Piala Dunia 2018 / Sampaoli, Pelatih Tango yang Jadi Boneka Messi

Piala Dunia 2018 / Islandia Bikin Lionel Messi Frustrasi


Baca Juga !.