Bola Dunia

Tancap Gas, Zizou Rekrut Eder Militao

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Tancap Gas, Zizou Rekrut Eder Militao - Bola Dunia

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. Foto: Pierre Philippe Marcou / AFP

INDOPOS.CO.ID - Zinedine Zidane hanya butuh tiga hari untuk memberi kontribusi ke Real Madrid. Tadi malam Real resmi mencapai kesepakatan dengan bek FC Porto Eder Militao sebagai pembelian pertama pada periode kedua Zizou. Real mengaktifkan release clause bek 21 tahun itu senilai EUR 50 juta (Rp 807,1 miliar) untuk mendatangkan bek timnas Brasil itu per 1 Juli 2019.

Terkesan buru-buru. Tapi, tidak juga bila melihat apa yang bakal terjadi dalam beberapa bulan mendatang. Selain ancaman dari tim top Eropa lainnya yang juga mengincar Eder seperti Manchester United dan Barcelona, Real harus membayar EUR 75 juta (Rp 403,5 triliun) per 15 Juli berdasarkan detil di klausul Eder bersama Porto. Itulah yang membuat Real harus menuntaskan transfer Eder sebelum tanggal tersebut.  ''Dia akan bersama Real dalam enam musim ke depan dengan kontrak sampai 30 Juni 2025,'' bunyi pernyataan resmi Los Merengues seperti dilansir dari situs resmi mereka.

Eder memang sudah masuk incaran Real dan hampir deal pada bursa transfer Januari lalu. Hanya, baik Real dan Porto belum menemukan win-win solution terkait siapa yang membayar EUR 6 juta (Rp 96,8 miliar) ke eks klub Eder Sao Paolo. Uang tersebut sebagai biaya pembinaan pemain yang sudah menjejak karir profesional sebelum usia 23 tahun berdasarkan aturan resmi FIFA.

Dia berkarir di Sao Paulo sejak 2010 hingga 2018 dengan hanya semusim berkarir profesional di Brasil untuk 2017-2018. Dan, Porto untung besar dari penjualan Eder ke Real. Sebab, harga yang dikeluarkan Porto ketika membeli Eder tahun lalu ditaksir hanya EUR 4 juta (RP miliar)

Mengenai kompensasi untuk Sao Paulo, hal itu tampaknya tidak lagi jadi persoalan karena Real yang akan membayarnya. Ya, nominal itu bisa dibilang setimpal untuk kualitas yang sudah ditunjukkan Eder bersama Porto musim ini.

Meski belum genap setahun sejak hijrah ke Eropa awal musim ini, penampilan pemain yang bisa berposisi sebagai bek kanan, bek tengah, dan gelandang bertahan itu cukup impresif. Dia selalu jadi pilihan utama pelatih Sergio Conceicao dengan tampil sebanyak 34 laga di semua ajang dengan 3 gol dan 2 assist. Kontribusinya juga membawa Porto kali pertama menembus perempat final Liga Champions sejak 2014-2015.

Kemampuannya yang piawai bermain di berbagai posisi bisa sangat berguna bagi Real. Dia bisa melapis Sergio Ramos, Dani Carvajal, dan Casemiro bila ada yang berhalangan.  Ada faktor nonteknis yang membuat Eder memilih Real selain karena release clause-nya ditebus. Ya, adanya pengaruh dari Iker Casillas dan Pepe yang sama-sama pernah berkarir di Estadio Santiago Bernabeu

Keduanya diyakini berperan sebagai "agen" Eder mengenai kondisi di Real. Apalagi, saat ini Zidane telah kembali. Seperti dilansir A Bola, baik Casillas dan Pepe secara implisit sepakat bahwa Eder adalah sosok ideal mengawal lini belakang Real di masa depan.

"Dia adalah pemain muda dengan kualitas dan motivasi luar biasa untuk terus berkembang. Lebih dari itu, dia versatile dan mampu beradaptasi sangat cepat dengan suasana baru,'' ucap Casillas. "Saya berharap masa depannya secerah sekarang karena dia pria yang baik dan sangat profesional,'' timpal Pepe. (koc)

Baca Juga


Berita Terkait

Bola Dunia / Saatnya Madrid Cuci Gudang

Bola Dunia / Fans Real Madrid Maunya Mbappe, Bukan Eden Hazard

Bola Dunia / Sergio Ramos Aman Bersama Real Madrid, Marcelo Bebas ke Juve

Bola Dunia / Toni Kroos akan Bertahan bersama Real Madrid Hingga Juni 2023

Bola Dunia / Real Madrid Serius Memperbaiki Diri Musim Depan


Baca Juga !.