Nasional

Jangan Terpancing Berita Hoax

Redaktur: Riznal Faisal
Jangan Terpancing Berita Hoax - Nasional

MENKOPOLHUKAM - Wiranto. Foto : IST

INDOPOS.CO.ID - Persiapan penyelenggaraan Pemlu 2019 telah berjalan dengan baik. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto berharap masyarakat kebal terhadap isu-isu yang beredar di masyarakat.

 “Masyarakat supaya pandai untuk melihat apakah isu itu benar atau tidak dan jangan mudah terpancing dengan berita hoax,” ujar Menko Polhukam Wiranto usai memimpin Rakorsus Tingkat Menteri membahas Kesiapan Pemerintah, Penyelenggara dan Aparat Keamanan Menjelang Kampanye Terbuka Tahun 2019 di Jakarta, Kamis (14/3/2019).

“Biasanya isu itu muncul di medsos dan sekarang kebebasan medsos kita ini sudah sangat luar biasa. Hanya kalau sampai itu hoax, isu itu tidak ada fakta atau itu merupakan kampanye hitam sudah ada undang-undang kita bisa tangkap mereka. Kita sudah punya teknologi untuk menyusuri sejak dari penyebar isu itu siapa,” kata Wiranto.

Dia menyebutkan, hukum nanti yang akan berbicara kalau isu itu merupakan hoax. “Tapi, kalau isu itu merupakan satu permasalahan pasti kita jawab. Jadi, jangan sampai kita mudah terpancing dengan berita-berita hoax,” kata Wiranto.

Dia memastikan, tidak ada hal-hal cukup serius yang dapat menghambat terlaksananya tahapan dalam rangka Pemilu serentak.

“Saya sampaikan kepada masyarakat semuanya bahwa tahapan Pemilu sebelumnya mengenai rapat terbatas,  rapat tertutup,  tatap muka dan sebagainya sudah kita lalui dan masih akan berlangsung. Dan secara umum kita nyatakan bahwa sudah dapat dilaksanakan dengan baik dan maksimal. Artinya, tidak ada hal-hal cukup serius yang dapat menghambat terlaksananya tahapan-tahapan berikutnya dalam rangka Pemilu serentak 2019,” ujarnya.

Menko Polhukam mengatakan, pelaksanaan Pemilu akan segera memasuki tahap kampanye terbuka yang dilaksanakan mulai 24 Maret sampai 13 April 2019. Selama 21 hari para kandidat calon baik presiden, wakil presiden, anggota legislatif dan DPD akan melakukan kampanye rapat umum sehingga akan ada pergerakan massa yang cukup besar di semua wilayah karena ini dilakukan secara bersamaan. (yah)

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Kemendagri Diterpa Isu Hoax

Hukum / Ratna Sarumpaet Menangis di Depan Majelis Hakim

Lifestyle / Waspada Hoax dan Penipuan Undian Saat Liburan

Headline / 10 Penyebar Hoax Ditangkap, Ini Daftarnya


Baca Juga !.