Headline

Muchammad ”Romi” Romahurmuziy, dari Karyawan Astra hingga Ketum PPP

Redaktur: Dani Tri Wahyudi
Muchammad ”Romi” Romahurmuziy, dari Karyawan Astra hingga Ketum PPP - Headline

TERJERUMUS - Ir H Muchammad Romahurmuziy, MT. Foto : IST

INDOPOS.CO.ID - Ir H Muchammad Romahurmuziy, MT lahir di Sleman, 10 September 1974, umur 44 tahun. Romi sapaan karibnya adalah seorang politikus Indonesia yang saat ini menjadi Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan juga anggota DPR RI sejak 2009 dari Partai Persatuan Pembangunan mewakili daerah pemilihan Jawa Tengah VII.

Romahurmuziy juga pernah menjabat sebagai Sekjen DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) periode 2011-2015 yang terpilih dalam Muktamar VII PPP tahun 2011. Pada Oktober 2014. Romahurmuziy terpilih sebagai Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) periode 2014-2019 menggatikan Suryadharma Ali dalam Muktamar VIII PPP tahun 2014 di Surabaya.

Romi, sapaan akrabnya adalah anak dari Prof Dr KH M. Tolchah Mansoer dan Umroh Machfudzoh. Ayahnya adalah Guru Besar Hukum Islam IAIN Sunan Kalijaga, pendiri sekaligus ketua pertama Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dari tahun 1954 hingga 1960, anggota DPR utusan Partai NU, Rais Syuriah PBNU periode 1984-1986 dan pengasuh Pondok Pesantren Sunni Darussalam di Sleman.

Sementara ibunya, Dra Hj Umroh Machfudzoh adalah pendiri Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Ketua DPW PPP DIY 1985-1995, dan Ketua Umum PP Wanita Persatuan 1993-1998. Romi juga merupakan cicit dari salah satu pendiri NU, KH Abdul Wahab Hasbullah, dan cucu dari Menteri Agama RI ketujuh KH Muhammad Wahib Wahab. Romi menikah dengan Henny Widiyanti dan dikaruniai satu orang anak.

Dalam Pantuan INDOPOS.CO.ID, Romi pernah mengenyam pendidikan di SMA Negeri 1 Jogjakarta (1993), setelah lulus dari SMA ia melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan jurusan Teknik Fisika, Bidang Kekhususan Fisika Bangunan, Fakultas Teknologi Industri pada1999, setelah itu ia juga mengambil jurusan Teknik dan Manajemen Industri, Bidang Kekhususan Tekno Ekonomi, Fakultas Pascasarjana pada 2002.

Berikut rekam jejak Karir, Ketum PPP Romahurmuziy yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan suap terkait pengisian pimpinan tinggi di Kementerian Agama (Kemenag).

Romi pernah bekerja di PT Kayaba Indonesia- Astra Shock Absorber sebagai Plt Kasie Import Procurement pada1999, Dosen Teknik Fisika di Universitas Gajah Mada pada 2000, selain itu, ia juga pernah bekerja di PT Syntegra Internasional,sebagai Cool Mining Project Manager pada 2000.

Selanjutnya, Ketum PPP itu juga pernah menjabat sebagai Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM RI, Sekretaris Fraksi PPP, Ketua Komisi Komisi IV, Anggota Badan Anggaran DPR, Sekjen DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Anggota Komisi III DPR RI, Anggota Komisi XI DPR RI dan hingga sampai saat ini Romi menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP). (bar)

Berita Terkait


Baca Juga !.