Total Sport

Rionny Pelatih Kepala

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Rionny Pelatih Kepala - Total Sport

INDOPOS.CO.ID – Rumor bahwa Rionny Mainaky akan menjadi pelatih tunggal putri pelatnas bulutangkis Indonesia akhirnya menjadi kenyataan. Jumat (15/3), Kabid Binpres PP PBSI Susi Susanti resmi mengumumkan namanya sebagai head coach buat Gregoria Mariska Tunjung dkk. Pelatih tahun lalu, Minarti Timur, diplot sebagai asistennya.

Susi mengungkapkan, pendekatan terhadap Rionny dilakukan sejak awal tahun. Namun, dia masih terikat kontrak dengan federasi bulutangkis Jepang. Selama lebih dari delapan tahun terakhir, ayah Lyanny Alessandra Mainaky itu memang membesut ganda putra Jepang. Kontraknya baru berakhir setelah All England 2019. Dia bakal mulai melatih di Cipayung mulai 1 April mendatang.

''Ini semua untuk kebaikan atlet. Mudah-mudahan bisa membawa dampak yang positif dan anak-anak bisa didisplinkan,'' jelas Minarti kemarin. Apakah di bawah dirinya Gregoria dkk tidak disiplin? ''Selama ini mereka rada manja. Tapi kalau dilatih pelatih cowok mungkin karakternya bisa lebih tegas, lebih galak. Jadinya di lapangan juga lebih berani, garang, dan nekat,'' ucap Susi.

Rionny sejatinya sudah lama diincar untuk mengisi kursi pelatih pelatnas. Pada masa kepemimpinan Ketua PP PBSI Gita Wirjawan, dia pernah ditawari melatih sektor ganda putri. Namun, tidak ada lampu hijau dari federasi Jepang untuk melepas pelatih yang sudah bergabung dengan mereka sejak 2010 tersebut. Akhirnya jabatan itu diserahkan kepada Eng Hian, yang kala itu membesut timnas Singapura.

Nah, pada 2017 silam, jabatan pelatih tunggal putri kembali kosong setelah ditinggalkan Bambang Suprianto. Minarti, yang menjabat asisten, akhirnya menjadi pelatih. Namun, selama itu, PBSI terus bergerilya mencari pelatih yang tepat. Banyak yang diincar, banyak juga yang mengajukan diri. Namun belum ada yang cocok.

Tahun lalu, Susi mencari negara yang dapat dijadikan sebagai barometer prestasi. Jawabnya adalah Jepang. Para pemain Negeri Sakura menggeliat dalam beberapa tahun terakhir. Menggeser dominasi Tiongkok. Mereka punya pemain yang sangat kuat di semua sektor. ''Ternyata di sana ada Rionny. Akhirnya kami lakukan pendekatan,'' tutur Susi.

Adik Richard Mainaky itu jadi kandidat favorit. Sebab dia berhasil mengangkat prestasi ganda putra Jepang. Dua pasangan yang ditanganinya, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda serta Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, kini menjadi lawan berat Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Kamura/Sonoda ada di peringkat ketiga BWF. Sedangkan Endo/Watanabe peringkat 5.

Richard, yang kini menangani ganda campuran, menyambut gembira kabar penunjukan Rionny. Sebab, itu artinya Rionny akan kembali berkumpul dengan keluarga di Jakarta. ''Sangat senang. Kami kami bisa berdiskusi tentang apa saja yang dilakukan timnas Jepang selama dia menangani di sana. Jadi bisa dibandingkan apa saja yang belum kami punya untuk dipadukan dan disempurnakan,'' papar Richard. (bam)

Berita Terkait

Raket / Tantowi/Winny Kantongi Kemenangan Pertama di Malaysia Open

Raket / Lebih Rajin dari Pemain Jepang

Total Sport / Usakti Kawinkan Gelar LIMA Badminton


Baca Juga !.