Bola Dunia

Bisa-Bisa Adu Head to Head

Redaktur: Maximus thomas woda Wangge
Bisa-Bisa Adu Head to Head - Bola Dunia

Pelatih Manchester City Josep Guardiola (tengah), penyerang Manchester City Gabriel Jesus (kiri) dan penyerang Manchester City Sergio Aguero. Foto : Oli Scarff/AFP

INDOPOS.CO.ID - Pentas Bundesliga belakangan kembali kompetitif. Hingga spieltag 28, misalnya, belum ada satu pun klub yang disebut sebagai calon kuat juara. Tak seperti musim lalu yang disudahi Bayern Muenchen pada spieltag ke-29! Musim ini Bayern dan Borussia Dortmund sama kokoh di puncak klasemen Bundesliga. Keduanya sama-sama mengoleksi 60 poin.

Die Roten, julukan Bayern, unggul agresivitas gol. Apalagi, kemarin WIB (18/3/2019) Bayern menambah pundi-pundi golnya setelah berpesta setengah lusin gol atas FSV Mainz 05. Di balik enam gol itu ada hat-trick James Rodriguez (31', 51', dan 55'). Enam gol lainnya disumbangkan Robert Lewandowski (3'), Kingsley Coman (39'), dan Alphonso Davies (70').

Dengan tambahan enam gol itu, Manuel Neuer dkk jadi surplus 41 gol. Awalnya, Bayern hanya surplus 35 gol, atau satu gol di atas goal difference Die Borussen, julukan Dortmund. Uli Hoeness sebagai Presiden Bayern pun mengklaim Bundesliga akan ketat sampai spieltag ke-34. ''Akhir musim ditentukan dari head to head,'' sebut Hoeness, dikutip Sports Bild.

Dari klasifikasi Bundesliga, jika poin dua klub atau lebih sama, maka agresivitas gol jadi penentunya. Jika masih tetap sama, maka produktivitas dipertimbangkan. ''Agresivitas gol tetap yang terpenting,'' tambah pria berusia 67 tahun itu. Kali terakhir klub juara ditentukan dari total agresivitas gol itu terjadi pada musim 1999 – 2000.

Musim itu Bayern dan Bayer Leverkusen menyudahi musim dengan koleksi angka sama persis, 73. Bayern yang dinyatakan sebagai meister (juara) pasca unggul dari sisi agresivitas gol dari Die Werkself, julukan Leverkusen. ''Pekan-pekan yang sudah kami nantikan,'' kata Thomas Mueller, attacking midfielder Bayern, dikutip situs resmi klub.

Premier League juga termasuk dari lima liga elite Eropa bersama Bundesliga yang masih menyajikan persaingan ketat. Minggu malam WIB (17/3/2019) Liverpool kembali mengkudeta posisi puncak dari Manchester City setelah menang 2-1 di Craven Cottage, London, kandang Fulham. Dengan satu laga lebih banyak, Virgil van Dijk dkk hanya unggul dua poin.

The Citizens, julukan City, masih bisa mengejar poin Liverpool. ''Jadwal yang bakal jadi satu-satunya kunci persaingan mereka, dan Liverpool lebih beruntung,'' ucap mantan bek kanan Manchester United, Gary Neville, yang kini jadi pundit Sky Sports. City dari delapan laga akhir Premier League masih harus melawan Tottenham Hotspur (20/4/2019) dan Derby Manchester (25/4/2019). Bandingkan Liverpool yang melakoni dua laga kandang menghadapi Spurs (31/3/2019) dan Chelsea (14/4/2019). Di sisi lain, City punya histori menutup musim di matchweek-matchweek akhir Premier League. Seperti pada musim 2011 – 2012 dan 2013 – 2014. (koc)

Baca Juga


Berita Terkait

Bola Dunia / Bisa Tunda Pesta Lawan

Bola Dunia / Tak Ada Kompromi

Bola Dunia / Kejar Rekor Klub dan Pribadi

Bola Dunia / Minta Pemain Tampil Dingin

Bola Dunia / Kembali Diselematkan Eriksen

Bola Dunia / Vital untuk Tetangga Sebelah


Baca Juga !.