Pantau Seleksi Calon Petugas Haji, Dirjen Nizar : Petugas Haji Harus Melek Teknologi

Editor:

INDOPOS.CO.ID - Kementerian Agama hari ini menggelar tahap II seleksi petugas haji 1440H/2019M. Seleksi digelar serentak oleh Kanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia, seleksi ini menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) yang berbasis aplikasi android.

Direktur jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar menegaskan tahun ini semua pelaporan petugas sudah harus berbasis aplikasi, Nizar pun meminta kepada para petunias haji nantinya tidak gagap teknologi (gaptek).

“ini terkait dengan persoalan program kami saat pemantauan petugas nanti di Arab Saudi paling tidak kalau petugas ini sudah melek teknologi nanti bisa menggunakan sistem pelaporan itu menggunakan IT (Information Technology),” kata Nizar saat memberikan arahannya dihadapan peserta seleksi calon petugas haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Selasa (05/03).

Dengan menggunakan sistem berbasis teknologi, kata nizar efisiensi efektivitas sangat bisa dirasakan oleh para petugas.

“Jadi saya lihat kemarin masih datang ke sektor menyerahkan dalam bentuk manual ini kan melelahkan dalam bentuk ini ini lebih baik itu dipangkas kemudian digunakan untuk layanan langsung kepada jemaah dan laporannya langsung terbentuk pakai IT,” jelas Nizar.

Dirinya berharap para petugas haji baik Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), serta Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi bisa menguasai teknologi dalam memberiukan pelayanan kupada jemaah haji ini. Sebab tahun 2019 ini akan ada inovasi-inovasi baru yang dilakukan Kemenag salah satunya adalah revitalisasi petugas Haji baik didalam negeri maupun di Arab Saudi.(adv)

Berita Lainnya kan

Banner



Twitter