Nasional

Presiden Jokowi Bagikan 5 Ribu Sertipikat Tanah Warga Bogor

Redaktur: Ahmad Nugraha
Presiden Jokowi Bagikan 5 Ribu Sertipikat Tanah Warga Bogor - Nasional

Presiden Joko Widodo dalam acara 'Penyerahan Sertipikat Tanah Untuk Rakyat', Bogor, Kamis (21/3/2019). Foto: Zulhaidah Bahar/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Sebanyak lima ribu sertipikat tanah diserahkan oleh Presiden Joko Widodo yang didampingi   Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil.

Presiden menjelaskan alasan dipercepatnya pemberian sertipikat karena banyaknya masyarakat mengeluhkan sengketa tanah lahan. "Konflik lahan ada di mana-mana. Setiap saya ke daerah-daerah maupun desa. Ada aja masyarakat yang mengeluhkan soal sengketa tanah," ucap Presiden Jokowi dalam acara 'Penyerahan Sertipikat Tanah Untuk Rakyat', Bogor, Kamis (21/3/2019)

Presiden memberikan informasi jika Indonesia harusnya ada sebanyak 116 juta sertifikat sudah dipegang. Namun, pada 2015 yang baru dikeluarkan ada 46 juta, sehingga masih kurang lebih 80 juta yang belum dipegang.

"Akibatnya banyak terjadi konflik. Karena masih ada yang belum pegang," kata Presiden Jokowi.

Itu sebabnya, pemerintah minta untuk segera dipercepat proses pembuatan sertipikat, supaya tidak terjadi sengketa. "Kalau sudah menyangkut hukum yang selesaikan pengadilan," pungkasnya.

Presiden menghimbau masyarakat untuk mempergunakan baik-baik sertipikat yang dipegang. Apalagi untuk membangun usaha.

"Kalau digunakan untuk pinjam uang ke bank, hitung baik-baik. Mampu bayar tiap bulannya apa tidak. Tidak untuk membeli barang lain (mobil)," tuturnya.  (zbs)

 

Berita Terkait

Nasional / Pedekate, AHY Ucapkan Selamat ke Jokowi

Nasional / AHY Merapat ke Jokowi di Istana Bogor

Politik / Presiden Tiongkok Ucapkan Selamat untuk Jokowi

Viral / Pelaku Video Ancam Penggal Kepala Jokowi Ditangkap

Nasional / Simasbro, Era Digitalisasi Kantor Pertanahan Kota Tangsel


Baca Juga !.